KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Mata Uji
|
:
Bahasa Daerah Jawa (Semua Jenjang)
|
|
|
|
|
|
||||
Kurikulum
|
:
K-2013
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Materi
Uji
|
Indikator
Soal
|
Level
|
Bentuk Soal
|
No.
|
|
|
|
Soal
|
|
|
Soal
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
PG
|
Uraian
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
3.1
Mengidentifikasi,
|
|
|
Mengidentifikasi
dan
|
|
|
|
|
|
|
|
memahami, dan
|
Menjelaskan jenis artikel
|
Teks artikel
|
menganalisis jenis artikel sesuai
|
C2
|
√
|
-
|
1
|
|
|
|
menganalisis (berita, artikel,
|
dengan ciri-ciri yang ditunjukkan
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
laporan, dan lainnya) secara
|
|
|
pada sebuah artikel.
|
|
|
|
|
|
|
|
lisan dan tulis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menganalisis isi artikel
|
Teks artikel
|
Menganalisis isi sebuah artikel
|
C4
|
√
|
-
|
2
|
||
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
3.2
Mengidentifikasi,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
memahami, dan menganalisis
|
Relevansi cerita wayang
|
|
Menganalisis hubungan atau
|
|
|
|
|
|
|
|
unsure intrinsik maupun
|
|
relevansi antara cerita wayang
|
|
|
|
|
||
|
|
dengan kehidupan
|
Cuplikan Cerita Wayang
|
C4
|
√
|
-
|
3
|
|||
|
|
ekstrinsik teks sastra klasik
|
dengan kehidupan zaman
|
|||||||
|
|
zaman sekarang
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
dan modern secara lisan dan
|
|
sekarang
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
tulis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
3.3
Memahami karakteristik
|
Ciri Ragam
Bahasa
|
Cuplikan
Teks Bermain
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri bahasa
|
C2
|
√
|
-
|
4
|
|
|
|
bahasa lisan dalam kegiatan
|
Lisan Dalam Teks
|
Peran
|
lisan dalam cuplikan teks
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Materi
Uji
|
Indikator
Soal
|
Level
|
Bentuk
Soal
|
No.
|
|
Soal
|
|
|
Soal
|
|||||
|
|
|
|
|
PG
|
Uraian
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
bermain
peran, dialog, dan
|
Bermain
Peran
|
|
bermain
peran
|
|
|
|
|
|
berdiskusi sesuai dengan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
tatakrama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
3.5
Mengidentifikasi,
|
Fungsi Sandhangan
|
|
Memaham
fungsi dari
|
|
|
|
|
|
memahami, dan menganalisis
|
|
sandhangan dalam teks
|
C2
|
√
|
-
|
5
|
|
|
Aksara Jawa
|
|
||||||
|
teks beraksara Jawa sesuai
|
|
beraksara Jawa
|
|
|
|
|
|
|
|
Teks Beraksara Jawa
|
|
|
|
|
||
|
kaidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aksara Murda, Aksara
|
|
Memahami
wujud aksara murda,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
swara, dan rekan dalam teks
|
C2
|
√
|
-
|
6
|
|
|
|
Swara, Aksara Rekan
|
|
|||||
|
|
|
beraksara Jawa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
3.4
Mengidentifikasi,
|
Tembung
Saroja,
|
|
|
|
|
|
|
|
memahami, dan menganalisis
|
Tembung Entar,
|
Salah satu contoh dari
|
Memahami jenis teks basa
|
|
|
|
|
|
penggunaan bahasa dalam
|
Wangsalan, Paribasan,
|
C1
|
√
|
-
|
7
|
||
|
jenis basa Rinengga
|
Rinengga yang diberikan
|
||||||
|
teks sastra dan non sastra
|
Bebasan, Saloka,
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
secara lisan dan tulis
|
Candra, Tembung Kawi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
3.6
Mengidentifikasi,
|
|
Filosofi Tembang
|
Memahami Filosofi Tembang
|
|
|
|
|
|
memahami, dan menganalisis
|
Ciri dan Jenis Tembang
|
|
|
|
|
||
|
Macapat Yang Berkaitan
|
Macapat yang berkaitan dengan
|
C2
|
√
|
-
|
8
|
||
|
puisi traditional atau modern
|
Macapat
|
||||||
|
Dengan Hidup Manusia
|
hidup manusia
|
|
|
|
|
||
|
sesuai dengan karakteristik
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
3.1
Mengidentifikasi,
|
Isi atau Pesan Moral Dari
|
|
Menganalisis
isi atau pesan
|
|
|
|
|
|
memahami, dan menganalisis
|
Cuplikan Teks Geguritan
|
moral dari cuplikan teks
|
C4
|
√
|
-
|
9
|
|
|
Teks Geguritan
|
|||||||
|
teks drama, prosa, atau puisi
|
|
geguritan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Materi
Uji
|
Indikator
Soal
|
Level
|
Bentuk
Soal
|
No.
|
|
Soal
|
|
|
Soal
|
|||||
|
|
|
|
|
PG
|
Uraian
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
3.2
Mengidentifikasi,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
memahami, dan menganalisis
|
Bentuk Upacara Adat di
|
Bentuk Upacara Adat
|
Menyebutkan contoh-contoh dari
|
C1
|
√
|
-
|
10
|
|
peristiwa budaya daerah
|
Lingkungan Sekitar
|
yang Ada di Ponorogo
|
Upacara Adat di Ponorogo
|
||||
|
|
|
|
|
||||
|
sesuai dengan karakteristiknya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
3.3
Mengidentifikasi,
|
Struktur
Teks
|
Struktur Teks Pranatacara
|
Mengidentifikasi
struktur dari teks
|
|
|
|
|
|
memahami, dan menganalisis
|
Pranatacara atau
|
Pranatacara atau Pamedhar
|
C2
|
√
|
-
|
11
|
|
|
atau Pamedhar Sabda
|
|||||||
|
teks pewara / pidhato sesuai
|
Pamedhar Sabda
|
Sabda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
dengan kaidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menjadi Pewara yang
|
Kriteria menjadi pewara
|
Memahami kriteria menjadi
|
C2
|
√
|
-
|
12
|
|
|
|
|||||||
|
|
Baik
|
yang baik
|
pewara yang baik
|
||||
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
3.1
Mengidentifikasi,
|
Istilah-Istilah
Dalam Teks
|
Istilah-Istilah
Dalam Teks
|
Menjelaskan
istilah-istilah dalam
|
C1
|
√
|
-
|
13
|
|
memahami, dan menganalisis
|
Drama
|
Drama
|
drama
|
||||
|
|
|
|
|
||||
|
teks drama, prosa, atau puisi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Struktur Teks Drama
|
|
Menganalisis struktur dalam
|
C4
|
√
|
-
|
14
|
|
|
sesuai dengan kaidah.
|
|
||||||
|
|
cuplikan teks drama
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Cuplikan Teks Drama
|
|
|
|
|
|
|
|
Pesan Moral
yang
|
Menganalisis pesan moral dari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
Terkandung Dalam Teks
|
|
C4
|
√
|
-
|
15
|
|
|
|
|
cuplikan teks drama
|
|||||
|
|
Drama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
3.4
Mengidentifikasi,
|
Kaidah
Tembang
|
Teks Tembang Macapat
|
Menganalisis
kaidah dari teks
|
C4
|
√
|
-
|
16
|
|
memahami, dan menganalisis
|
Macapat
|
tembang macapat
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Materi
Uji
|
Indikator
Soal
|
Level
|
Bentuk
Soal
|
No.
|
|
Soal
|
|
|
Soal
|
|||||
|
|
|
|
|
PG
|
Uraian
|
||
|
nilai-nilai moral yang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Isi atau
maksud
|
|
Memahami
isi atau maksud dari
|
C2
|
√
|
-
|
17
|
|
|
terkandung dalam tembang
|
Tembang Macapat
|
|
teks tembang macapat
|
||||
|
|
|
|
|
|
|||
|
macapat.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Unsur Kabasan
|
|
Menganalisis unsur kabasan teks
|
C4
|
√
|
-
|
18
|
|
|
|
Tembang Macapat
|
|
tembang macapat
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
3.5
Mengidentifikasi,
|
Angka Jawa
|
Angka Jawa
dalam
|
Memahami
angka Jawa dalam
|
C2
|
√
|
-
|
19
|
|
memahami, dan menganalisis
|
kalimat beraksara Jawa
|
teks beraksara Jawa
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||
|
teks aksara Jawa sesuai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sengkalan
|
Angka Jawa dalam
|
Menganalisis sengkalan lamba
|
C4
|
√
|
-
|
20
|
|
|
|
|||||||
|
kaidah.
|
sengkalan lamba
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
3.1
Mengidentifikasi,
|
|
|
Mengidentfkasi
kalimat yang
|
C2
|
√
|
-
|
21
|
|
memahami, dan menganalisis
|
|
Kalimat yang
|
menggunakan ngoko lugu
|
||||
|
|
|
|
|
|
|||
|
penggunaan bahasa lisan
|
|
menggunakan ngoko lugu
|
|
|
|
|
|
|
|
Menganalisis
penggunaan ragam
|
C4
|
√
|
-
|
22
|
||
|
dalam berbagai situasi sesuai
|
|
|
bahasa ngoko lugu
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
dengan tatakrama.
|
Ragam Bahasa Jawa
|
|
|
|
|
|
|
|
Kalimat
yang
|
Menganalisis
penggunaan ragam
|
C4
|
√
|
-
|
23
|
||
|
|
sesuai dengan kaidah
|
menggunakan ngoko alus
|
bahasa ngoko alus.
|
||||
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
dan tataran undha usuk
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Alih bahasa
dari ragam
|
Menganalisis penggunaan ragam
|
|
|
|
|
|
|
|
bahasa Jawa
|
bahasa ngoko lugu ke
|
C4
|
√
|
-
|
24
|
|
|
|
bahasa ngoko alus.
|
||||||
|
|
|
alus atau sebaliknya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Memahami
penggunaan unggah-
|
|
|
|
25
|
|
|
|
Paragraf rumpang
|
ungguh basa didalam teks
|
C2
|
√
|
-
|
26
|
|
|
|
|
rumpang
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Materi
Uji
|
Indikator
Soal
|
Level
|
Bentuk
Soal
|
No.
|
|
Soal
|
|
|
Soal
|
|||||
|
|
|
|
|
PG
|
Uraian
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Alih bahasa
dari ragam
|
Menganalisis
penggunaan ragam
|
|
|
|
|
|
|
|
bahasa krama madya ke
|
bahasa krama madya ke krama
|
C4
|
√
|
-
|
29
|
|
|
|
krama alu sebaliknya
|
alus atau sebaliknya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Alih bahasa dari ragam
|
Menganalisis penggunaan ragam
|
|
|
|
|
|
|
|
bahasa krama alus ke
|
bahasa krama alus ke ngoko
|
C4
|
√
|
-
|
30
|
|
|
|
ngoko atau sebaliknya
|
atau sebaliknya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
3.2
Mengidentifikasi,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
memahami, dan menganalisis
|
|
|
Menganalisis struktur dari
|
C4
|
√
|
-
|
31
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
cuplikan cerkak
|
32
|
|||
|
karya fiksi dan nonfiksi secara
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
lisan dan tulis.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi isi yang terdapat
|
C2
|
√
|
-
|
33
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
dalam cuplikan teks cerkak
|
||||
|
|
Struktur, isi, pesan moral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Cuplikan cerkak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
didalam teks cerkak
|
Mengidentifikasi
pesan yang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
terdapat dalam cuplikan teks
|
C2
|
√
|
-
|
34
|
|
|
|
|
cerkak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menganalisis
unsur kebahasaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(paribasan atau majas) dari
|
C4
|
√
|
-
|
35
|
|
|
|
|
cuplikan teks cerkak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Materi
Uji
|
Indikator
Soal
|
Level
|
Bentuk
Soal
|
No.
|
|
Soal
|
|
|
Soal
|
|||||
|
|
|
|
|
PG
|
Uraian
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
3.2
Mengidentifikasi,
|
|
|
Menganalisis struktur dari teks
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
C4
|
√
|
-
|
||
|
memahami, dan menganalisis
|
|
|
anekdot
|
37
|
|||
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
Struktur, dan ciri-ciri
|
|
|
|
|
||
|
karya fiksi dan nonfiksi secara
|
Teks Anekdot
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
lisan dan tulis.
|
anekdot
|
Menyebutkan atau memilih ciri-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
C2
|
√
|
-
|
38
|
||
|
|
|
|
ciri dari teks anekdot
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
3.2
Mengidentifikasi,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
memahami, dan menganalisis
|
Jenis drama atau contoh
|
Jenis drama atau contoh
|
Menyebutkan jenis atau contoh
|
C1
|
√
|
-
|
39
|
|
karya fiksi dan nonfiksi secara
|
drama traditional
|
drama traditional
|
dari drama traditional
|
||||
|
|
|
|
|
||||
|
lisan dan tulis.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
3.3
Mengidentifikasi,
|
Fungsi dari seni
|
Macam-macam
fungsi
|
Menganalisis
macam-macam
|
|
|
|
|
|
memahami, dan menganalisis
|
dari seni pertunjukan
|
fungsi dari seni pertunjukan
|
C4
|
√
|
-
|
40
|
|
|
pertunjukan
|
|||||||
|
seni pertunjukan.
|
beserta contohnya
|
beserta contohnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
3.4
Mengidentifikasi,
|
Tembung
Saroja,
|
Wujud dari Tembung
|
|
|
|
|
|
|
memahami, dan menganalisis
|
Tembung Entar,
|
|
|
|
|
|
|
|
Saroja, Tembung Entar,
|
Mengidentifikasi, memahami,
|
|
|
|
|
||
|
penggunaan bahasa dalam
|
Wangsalan, Paribasan,
|
|
|
|
|
||
|
Wangsalan, Paribasan,
|
atau menganalisis jenis-jenis
|
C2, C4
|
-
|
√
|
1
|
||
|
teks sastra dan non sastra
|
Bebasan, Saloka,
|
||||||
|
Bebasan, Saloka, Candra,
|
basa rinengga
|
|
|
|
|
||
|
secara lisan dan tulis
|
Candra, atau Tembung
|
|
|
|
|
||
|
atau Tembung Kawi
|
|
|
|
|
|
||
|
|
Kawi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
3.5
Mengidentifikasi,
|
|
Mengalihtuliskan
teks
|
Memahami
tata cara alih tulis
|
|
|
|
|
|
memahami, dan menganalisis
|
Angka Jawa
|
aksara jawa atau
|
aksara Jawa yang memuat
|
C2
|
-
|
√
|
2
|
|
teks aksara Jawa sesuai
|
|
sebaliknya yang memuat
|
angka Jawa atau sebliknya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Materi
Uji
|
Indikator
Soal
|
Level
|
Bentuk
Soal
|
No.
|
|
Soal
|
|
|
Soal
|
|||||
|
|
|
|
|
PG
|
Uraian
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
kaidah.
|
|
angka Jawa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
3.1
Mengidentifikasi,
|
|
Alih bahasa
dari ragam
|
Menganalisis
penggunaan dari
|
|
|
|
|
|
memahami, dan menganalisis
|
Ragam Bahasa Jawa
|
tingkatan berbahasa
|
ragam tingkatan berbahasa
|
C4
|
-
|
√
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
penggunaan bahasa lisan
|
sesuai dengan kaidah
|
dalam bahasa Jawa
|
dalam bahasa Jawa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dalam berbagai situasi sesuai
|
dan tataran undha usuk
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Memahami penggunaan unggah-
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
dengan tatakrama
|
bahasa Jawa
|
Paragraf rumpang
|
ungguh basa didalam teks
|
C2
|
-
|
√
|
4
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
rumpang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
3.1
Mengidentifikasi,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
memahami, dan menganalisis
|
Istilah-Istilah Dalam Teks
|
Istilah-Istilah Dalam Teks
|
Menjelaskan istilah-istilah dalam
|
C1
|
-
|
√
|
5
|
|
teks drama, prosa, atau puisi
|
Drama
|
Drama
|
drama
|
||||
|
|
|
|
|
||||
|
sesuai dengan kaidah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 Komentar untuk "KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018"