SOAL PKWU USBN 2018 UTAMA

1.       Mengolah bahan baku dari berbagai material yang belum siap pakai menjadi keramik plastis yang telah siap pakai merupakan tujuan dari :
a.       Pengolahan Bahan                   c. Pembentukan               e. Finishing
b.       Pengeringan                              d. Pembakaran                                                                                                
2.       Teknik dalam pembentukan benda keramik antaralain :
a.       Blugger dan Mixer                                   d. Mixing dan Casting    
b.       Throwing dan Mixer                                                e. Handbuilding, Throwing dan Casting
c.       Centering, Coning dan Rising                                                                                                                              
3.       Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam manajemen produksi antara lain :
a.       Pembelian bahan baku, menjaga kualitas, penyimpanan, dan pemeliharaan
b.       Pembelian bahan baku, penyimpanan, menjaga kualitas dan pemeliharaan
c.       Pembelian bahan baku, menjaga kualitas, pemeliharaan dan pengiriman
d.       Pembelian bahan baku, penyimpanan, pemeliharaan dan pengiriman
e.       Pembelian bahan baku, menjaga kualitas, penyimpanan, pemeliharaan dan pengiriman
4.       Kerajinan seringkali dijadikan oleh-oleh khas daerah karena umumnya kerajinan dianggap sebagai
a.       Citra Daerah                               c.  Budaya                           e. Representasi Daerah
b.       Produk Unggulan                     d.  Souvenir                                                                                                       
5.       Kerajinan sebagai produk rumahan maka usaha kerajinan dikatagorikan sebagai kelompok usaha....
a.       Perorangan                                c. Industri                            e. UKM
b.       Home Industri                           d. Koperasi                                                                                                        
6.       Sistem yang terkoordinasi untuk menyiapkan barang menjadi siap untuk ditansportasikan, didistribusikan, disimpan, dijual dan dipakai adalah definisi dari :
a.       Produksi                                      c. Bahan Baku                    e. Distribusi
b.       Pengemasan                              d. Promosi                                                                                                         
7.       Kemampuan dalam memenuhi keinginan pasar, sasaran masyarakat, dan tempat tujuan pemesanan merupakan fungsi kemasan untuk memenuhi persyaratan....
a.       Perlindungan                             c. Bentuk                             e. Ukuran
b.       Ekonomi                                      d. Pengiriman                                                                                                   
8.       Kemasan yang memenuhi persyaratan memiliki sifat-sifat :                                                                           
a.       Permeabel, Non Toksik, Kedap Air, Kuat dan tidak mudah Bocor, Tidak Panas & Murah
b.       Permeabel, Non Toksik dan Inert, Kedap Air, Kuat dan tidak mudah Bocor, Tidak Panas & Murah
c.       Permeabel, Kedap Air, Kuat dan tidak mudah Bocor, Tidak Panas & Murah
d.       Permeabel, Kedap Air, Kuat dan tidak mudah Bocor, Non Toksik dan Inert, Tidak Panas & Murah
e.       Permeabel, Kedap Air, Kuat dan tidak mudah Bocor, Non Toksik dan Inert
9.       Penyebab umum stress sebagai bagian dari keselamatan kerja disebabkan oleh :
a.       Supervisor, Salary, dan Safety                             d. Supervisor, Security dan Safety
b.       Supervisor, Salary, Security dan Safety            e. Salary, Security dan Safety
c.       Supervisor, Salary, dan Security                                                                                                                         
10.   Kebutuhan terhadap energi sedangkan sumberdaya alam yang terbatas menuntut semua pihak untuk dapat menciptakan :
a.  Tenaga Kerja                                c. Lapangan Kerja                             e. Peluang Kerja
b.  Energi Alternatif                         d. Sumber energi                                                                                            
11.   Pembangkit listrik tenaga angin adalah sumber peluang yang bisa dikembangkan sebagai pembangkit tenaga listrik berdasarkan....
a.    Alam                                c. Daur ulang                      e. Magnetik       
b.    Tata surya                     d. Teknologi      
12.   Pembangkit listrik yang mampu mengkonversi sinar matahari menjadi arus listrik adalah....
a.    Bensin                            c. Solar                                 e. Pertalite
b.    Bio solar                         d. Solar cell                                                                                                                        
13.   Yang tidak termasuk dari keuntungan dari pembangkit listrik tenaga angin antara lain :
a.    Sumber daya angin tidak berkurang                   d. Membutuhkan lahan yang luas             
b.    Ramah lingkungan                                                     e. Tidak menimbulkan emisi
c.     Polutan atmosfir yang sedikit
14.   Usaha yang bermanfaat dan memberi hasil, suatu sistem yang digunakan untuk memproduksi sesuatu dibawah kondisi buatan adalah....
a.    Pengolahan                  c. Rekayasa                         e. Industri
b.    Kerajinan                       d. Budidaya                                                                                                                       
15.   Sumber potensial dan mudah dikembangkan sebagai bentuk usaha budidaya penghasil protein yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah....
a.    Anggrek                         c. Ikan air tawar                e. Kerapu
b.    Ayam                              d. Jahe                                                                                                                                 
16.   Budidaya yang bertujuan untuk menghasilkan bibit bagi peternak adalah....
a.    Penggemukan             c. Pembibitan                    e. Pedaging
b.    Petelur                           d. Pemijahan                                                                                                                     
17.   Bahan yang berupa atau berasal dari tumbuhan baik liar ataupun yang ditanam serta berasal dari produk produk olahan disebut....
a.    Bahan pangan hewani              c. Bahan pangan Nabati                 e. Pengolahan
b.    Produksi                                         d. Bahan sandang pangan                                                                            
18.   Kondisi jumlah penduduk dan gaya hidup modern yang menuntut kecepatan dan serba praktis adalah potensi peluang yang bagus dalam bisnis.....
a.    Konveksi                                        c. Kuliner                                             e. Pertanian                                       
b.    Perikanan                                      d. Peternakan
19.   Jenis makanan modern yang pesat berkembang saat ini dikenal dengan istilah....
a.    Sea Food                                        c. Cepat saji                                        e. Fast Food                                       
b.    Tradisional                                    d. Delivery
20.   Faktor yang dapat menunjukkan segmen pasar yang akan dibidik dan potensi persaingan pasar adalah....
a.    Lokasi                                              c. Pasar                                                 e. Harga                                               
b.    Promosi                                         d. Konsumen
21.   Pemetaan potensi pasar dan kondisi persaingan pasar yang akan dituju akan didapat secara akurat dengan cara....
a.    Survei                                             c. Promosi                                           e. Distribusi                                        
b.    Penjualan                                      d. Pameran
22.   Jasa yang bisa dimaksimalkan untuk memperlancar kegiatan distribusi adalah....
a.    Delivery Order                             c. Pos                                    e. Travel                                                              
b.    Paket                                              d. Angkutan
23.   Target pemasaran dalam usaha distribusi pasar dan mampu menempatkan sebagai pemimpin pasar disebut....
a.       Market leader                           c. Market challager                          e. Market Follower                         
b.       Market nicher                            d. Marketing distribution
24.   Target pemasaran dalam usaha distribusi pasar dan mampu menempatkan sebagai penantang  pasar disebut....
a.       Market challager                      c. Market leader                               e. Market Follower                         
b.       Market nicher                            d. Marketing distribution
25.   Alat analisis untuk mengetahui batas nilai produksi atau volume produksi suatu usaha mencapai nilai impas disebut....
a.       Break Even Point                      c. Rugi laba                         e. Neraca                                            
b.       Jurnal                                            d. Transaksi
26.   Penataan dan penggunaan teknologi dalam perencanaan manajemen usaha dikatagorikan sebagai analisa....
a.       Man                                               c. Money                             e. Market                                           
b.       Maching                                       d. Material         
27.   Pemanfaatan modal dan investasi dalam perencanaan manajemen usaha dikatagorikan sebagai analisa....
a.       Man                                               c. Money                             e. Market                                           
b.       Maching                                       d. Material         
28.   Pemanfaatan bahan baku dan potensi lingkungan dalam perencanaan manajemen usaha dikatagorikan sebagai analisa....
a.       Man                                               c. Money                             e. Market                                           
b.       Maching                                       d. Material         
29.   Pendistribusian hasil usaha dalam perencanaan manajemen usaha dikatagorikan sebagai analisa....
a.       Man                                               c. Money                             e. Market                                           
b.       Maching                                       d. Material         
30.   Informasi secara langsung atau melalui media guna menyampaikan sesuatu dalam upaya mencapai tujuan adalah....
a.       Market                                         c. Partner                            e. Produksi                                         
b.       Promosi                                       d. Personalia
31.   Keseluruhan biaya dalam proses dari bahan baku sampai pemasaran adalah
a.       Biaya investasi                           c. Biaya produksi              e. Biaya tetap                                   
b.       Biaya operasional                     d. Biaya promosi
32.   Biaya yang menjadi kekayaan yang nilainya bisa bertambah tinggi atau berkurang tetapi terakumulasi dalam penyusutan sehingga termasuk dalam jumlah nilai biaya produksi disebut....
a.       Biaya promosi                            c. Biaya operasional        e. Biaya investasi                             
b.       Biaya produksi                           d. Biaya tetap
33.   Jumlah total biaya produksi sama dengan....
a.       Harga pokok                              c. Harga pasar                    e. Harga eceran               
b.       Harga perolehan                      d. Harga jual
34.   Harga yang beredar dikonsumen dari suatu barang adalah....
a.       Harga perolehan                      c. Harga pokok  e. Harga jual                                      
b.       Harga pasar                 d. Harga eceran
35.   Kepekaan terhadap potensi dilingkungan sekitarnya akan membentuk....
a.       Skill                                                c. Knowledge                     e. Attitude                                         
b.       Inovasi                                          d. Soft skill                          
36.   Pelayanan yang diberikan dalam jangka waktu tertentu setelah pembelian dan jaminan akan kualitas barang adalah pelayanan dalam bentuk....
a.       Service                                         c. Perawatan                      e. Purna jual                                      
b.       Penjualan                                    d. pembelian
37.   Rangkaian kegiatan membentuk, mengubah dan menciptakan sesuatu untuk meningkatkan nilai suatu benda adalah proses....
a.       Produksi                                      c. Eksploitasi                       e. Eksplorasi                                      
b.       Pemasaran                                 d. Distribusi
38.   Jenis dan mutu produk yang bertahan dalam waktu yang cukup lama adalah bentuk....
a.       Kuantitas                                     c. Estetika                            e. Mode                                              
b.       Kualitas                                        d. Trend
39.   Usaha untuk mencapai konsumen yang dilakukan secara langsung atau tidak adalah....
a.       Pemasaran                                 c. Bahan baku                    e. Pengemasan                                
b.       Produksi                                      d. Distribusi
40.   Langkah-langkah dalam sebuah usaha agar mampu mencapai tujuan secara efektif dan efisien adalah....
a.       Modal                                           c. Bahan baku                    e. Perencanaan                                
b.       Manajemen                               d. Keuangan
Soal Essay
1.     Jelaskan pengertian pengemasan disposible !
2.     Sebutkan macam-macam kemasan berdasarkan sifat kekakuan bahan kemas !
3.     Apakah tujuan dari survei pasar sebelum usaha dimulai ?
4.     Jelaskan bagaimana harga jual bisa ditetapkan !
5.       Bagaimana strategi usaha untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat atau segmen pasar yang akan dituju ?
Kunci Jawaban
1.     Pengemasan disposable yaitu kemasan yang sekali pakai langsung dibuang setelah satu kali pakai, contoh : bungkus plastik es, bungkus permen, bungkus daun, bungkus dus, makanan kaleng.
2.     Macam-macam kemasan berdasarkan sifatnya antara lain :
·         Kemasan fleksibel (mudah dilenturkan) misal : plastik, kertas, foil.
·         Kemasan kaku (keras, kaku, tidak tahan benturan, patah bila dipaksa dibengkokkan) misal : kayu, gelas, logam
·         Kemasan kaku/fleksibel (memiliki sifat antara kemasan fleksibel dan kemasan kaku) contohnya : botol plastik (susu, kecap, saos)dan wadah berbentuk pasta.
3.     Survei lokasi usaha bertujuan untuk mengetahui potensi pasar dan memastikan produk yang direncanakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat disekitarnya serta mengetahui kondisi persaingan diarea tersebut.
4.     Harga jual barang selain ditentukan oleh biaya produksi dan keuntungan yang diinginkan dipengaruhi juga oleh segmen pasar yang akan dituju.

5.       Langkah strategi usaha untuk memperkenalkan produk usaha adalah dengan cara promo

Related : SOAL PKWU USBN 2018 UTAMA

0 Komentar untuk "SOAL PKWU USBN 2018 UTAMA"