“UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMAIN DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA MASYARAKAT DESA JENGGRIK”

“UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMAIN DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA MASYARAKAT DESA JENGGRIK”



Dosen Pengampu : Andry Arif Kustiawan, S.Pd.M.Or.

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Penelitian Pengajaran Semester IV Tahun Akademik 2018/2019



Hasil gambar untuk stkip modern ngawi








Disusun Oleh :
Nur Ali Fudin  16031021

PRODI PENDIDIKAN OLAHRAGA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MODERN NGAWI
2018/2019



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

            Bola voli adalah salah satu olahraga yang mempunyai karakteristik gerak dan teknik tersendiri. Permainan bola voli ini banyak digemari oleh masyarakat karena permainan bola voli merupakan olahraga yang cukup menarik dan mudah dimainkan dimana saja. Walaupun sederhana dalam bentuk permainannya seseorang bisa bermain bola voli dengan baik bila mampu melakukan dengan teknik-teknik gerakan yang sesuai dengan peraturan permainan dan menguasai teknik dasar bola voli.

Pengembangan kualitas teknik permainan bola voli mengacu pada tingkat penguasaan teknik awalnya. Karena itu penguasaan teknik dasar dalam permainan bola voli semestinya mendapat perhatian serius dalam usaha pengembangan dan meningkatkan kualitas permainannya. Teknik-teknik dasar dalam permainan bola voli terdiri atas service, passing atas, passing bawah, block, dan smash. Salah satu yang mempengaruhi dalam permaianan bola voli adalah smash. Smash merupakan pukulan yang utama dalam penyerangan dan dalam usaha mencapai kemenangan. Smash ini diperlukan raihan yang tinggi dan meloncat yang tinggi. Smash merupakan satu teknik yang mempunyai gerakan yang kompleks yang terdiri dari langkah awalan, tolakan untuk meloncat, memukul bola saat melayang diudara, dan saat mendarat kembali setelah memukul bola voli.

Di masyarakat khususnya di Desa Jenggrik adalah salah satu Desa yang rutin melaksanakan kegiatan olahraga seperti bola voli, sepak bola, futsal dan bulutangkis. Bola voli merupakan salah satu kegiatan olahraga yang paling banyak di gemari oleh masyarakat khususnya di Desa Jenggrik. Tetapi pelaksanaannya masih belum bisa maksimal. Hal itu disebabkan karena kurangnya kerjasama atau kekompakan team dalam permainan bola voli.












B . Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas terdapat rumusan masalah “apakah teknik-teknik dasar dalam permainan bola voli tersebut sudah dikuasai penuh oleh masyarakat”.

C . Tujuan Penelitian

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa banyak teknik-teknik yang dikuasai oleh setiap individu dalam masyarakat.

D . Manfaat Penelitian

            Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah :
Supaya masyarakat bisa menguasai semua teknik-teknik dasar dalam bola voli dengan benar.


0 Komentar untuk "“UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMAIN DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA MASYARAKAT DESA JENGGRIK”"