SILABUS
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Satuan
Pendidikan :
Kelas :
VIII
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Instrumen Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghayati karunia Tuhan YME yang
telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2 Menghayati ajaran agama dalam berfikir
dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat.
1.3 Menghayati karunia Tuhan YME yang
telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
|
|
|
|
|
|
2.1
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab, peduli, santun dan
percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan
dan gerakan kebangsaan dalam menumbuhkan rasa kebangsaan.
2.2
Berperilaku jujur, sopan, estetikadan memiliki motivasi internal ketika
berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik.
2.3
Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam
berpartisipasi penanggulangan permasalahan lingkungan hidup.
|
|||||
3.1
Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam
lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).
4.1 Menyajikan hasil telaah aspek keruangan
dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan
dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik) di lingkungan sekitar.
|
Permasalahan kependudukan, lingkungan,
dan dampaknya terhadap pembangunan nasional.
1)
Permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup
2)
Dampak permasalahan kependudukan
dan lingkungan hidup terhadap pembangunan
nasional
3)
Cara mencegah dan mengatasi
permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup
|
Mengamati:
Membaca dan menyimak buku teks tentang permasalahan kependudukan
dan lingkungan, dampaknya terhadap
pembangunan nasional, dan cara
mencegah serta mengatasinya (ekonomi,
sosial, budaya, pendidikan, dan politik).
Mempertanyakan:
Berdiskusi untuk
mendapatkan klarifikasi tentang permasalahan kependudukan, lingkungan, dan
dampaknya terhadap pembangunan nasional perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan, dan politik).
Mengumpulkan:
Mengumpulkan data terkait dengan
pertanyaan dan materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan yang
relevan maupun browsing internet.
Mengasosiasikan:
Menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
untuk mendapatkan kesimpulan
bagaimana mempelajari perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik).
Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi
dalam bentuk lisan dan tulisan tentang permasalahan kependudukan, lingkungan,
dan dampaknya terhadap pembangunan nasional dalam mempelajari perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik).
|
Observasi:
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi)
Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.
Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.
.
|
8 mg x 4 jp
|
· Buku IPS untuk SMP/Mts kls VIII BSE
· Buku IPS untuk Kls VIII SMP Grafindo
· Buku Panduan pendidik IPS Terpadu
untuk SMP/MTs Kls VIII JP BOOKS
· Referensi lain yang sesuai.
· Media cetak/ elektronik
|
3.2
Mendeskripsikan perubahan masyarakat
Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta
perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik.
4.2
Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan kebudayaan dan
pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat
kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
yang ada di lingkungan sekitarnya.
|
Proses terbentuknya NKRI
1.
Pengaruh kolonialisme dan
2.
bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan geografi.
3.
Terbentuknya kesadaran nasional.
4.
Zaman pendudukan Jepang di Indonesia.
5.
Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI.
|
Mengamati:
Membaca buku teks tentang pengaruh kolonialisme dan
imperialisme Barat di Indonesia, perubahan masyarakat Indonesia pada masa
penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik, serta terbentuknya kesadaran nasional, usaha mempersiapkan
kemerdekaan.
Mempertanyakan:
Bertanya dan berdiskusi
tentang perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik, serta peristiwa proklamasi kemerdekaan.
Mengumpulkan:
Mengumpulkan data terkait dengan pertanyaan dan materi yang
dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan yang relevan maupun browsing
internet.
Mengasosiasikan:
Menganalisis
informasi dan data-data yang didapat
baik dari bacaan maupun dari
sumber-sumber terkait untuk mendapatkan kesimpulan bagaimana perubahan masyarakat Indonesia pada masa
penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik.
Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan
dan tulisan tentang perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya, pendidikan, dan politik.
|
Observasi:
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi).
Portofolio
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.
Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.
|
8 mg x 4 jp
|
· Buku IPS untuk SMP/Mts kls VIII BSE
· Buku IPS untuk Kls VIII SMP Grafindo
· Buku Panduan pendidik IPS Terpadu
untuk SMP/MTs Kls VIII JP BOOKS
· Referensi lain yang sesuai.
· Media cetak/ elektronik
|
1.3.
Mendiskripsikan fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan
politik dalam masyarakat.
4.3.
Menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan
dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di
lingkungan masyarakat sekitar.
|
Penyimpangan Sosial
1)
Pengertian penyimpangan sosial
2)
Jenis penyimpangan sosial
3)
Faktor-faktor penyebab timbulnya penyimpangan sosial
4)
Peranan dan fungsi kelembagaan sosial di masyarakat (sosial, budaya,
ekonomi dan politik)
5)
Strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi
dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
|
Mengamati:
· Membaca buku teks dan/referensi lain
tentang pengertian, jenis, faktor-faktor penyebab timbulnya penyimpangan
sosial, dan fungsi serta peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan
politik dalam masyarakat.
· Mengamati lingkungan sekitar tentang
jenis, faktor-faktor penyebab timbulnya penyimpangan sosial, dan fungsi serta
peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat.
Mempertanyakan tentang:
· Apa fungsi dan peran kelembagaan
sosial, budaya, ekonomi dan politik
dalam masyarakat?
· Strategi apa saja yang dapat digunakan
untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi
dan politik di lingkungan masyarakat sekitar?
Mengumpulkan:
Mengumpulkan data tentang fungsi
dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat dan berbagai strategi apa
saja yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan
fungsi dan peran kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar dengan membaca
buku teks, dll. yang relevan maupun dengan melakukan browsing internet.
Mengasosiasikan:
Menganalisis
informasi dan data yang didapat
baik dari bacaan maupun dari
sumber-sumber terkait untuk mendapatkan kesimpulan.
Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi tentang fungsi dan
peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat dan berbagai strategi apa
saja yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan
fungsi dan peran kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat dalam bentuk lisan dan
tulisan.
|
Tugas kelompok:
Membuat klipping tentang jenis-jenis
penyimpangan sosial di masyarakat, kemudian menganalisis faktor-penyebab
timbulnya, dan peran kelembagaan sosial dalam mengatasinya.
Observasi:
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi).
Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.
Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.
|
9 mg x 4 jp
|
· Buku IPS untuk SMP/MTs kls VIII BSE
· Buku IPS untuk Kls VIII SMP Grafindo
· Buku Panduan pendidik IPS Terpadu
untuk SMP/MTs Kls VIII JP BOOKS
· Referensi lain yang sesuai.
· Media cetak/ elektronik
|
1.4.
Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.4.
Menyajikan hasil pengamatan
tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
|
Interaksi Manusia
dengan Lingkungan Alam, Sosial, Budaya, dan Ekonomi.
1)
Bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan
ekonomi
2)
Permasalahan yang timbul akibat interaksi manusia dengan lingkungan
alam, sosial, dan ekonomi
3)
Faktor penyebab timbulnya permasalahan akibat interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, dan ekonomi
4)
Cara mencegah dan mengatasi permasalahan yang timbul akibat interaksi
manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi
|
Mengamati:
Membaca buku teks dan/referensi lain
yang relevan tentang bentuk-bentuk
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi, permasalahan yang timbul, faktor penyebab timbulnya permasalahan,
cara pencegahan, dan cara mengatasinya.
Mempertanyakan tentang:
· Apa saja permasalahan yang timbul
akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi.
·
Faktor penyebab timbulnya permasalahan akibat interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, cara pencegahan,
dan mengatasinya.
Mengumpulkan:
Mencari informasi dari lingkungan sekitar/media
cetak/elektronik tentang berbagai masalah yang timbul di lingkungan sekitar
akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi,
menganalisis faktor penyebab timbulnya, cara mencegah dan mengatasinya.
Mengasosiasikan:
Berdiskusi untuk menganalisis berbagai masalah yang timbul
di lingkungan sekitar akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi, menganalisis faktor penyebab timbulnya, cara
mencegah dan mengatasinya.
Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi tentang interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam bentuk lisan
dan tulisan.
|
Tugas kelompok:
Mencari informasi dari lingkungan sekitar/media cetak/elektronik tentang
masalah yang timbul di lingkungan sekitar akibat interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, menganalisis faktor penyebab
timbulnya, cara mencegah dan mengatasinya.
Observasi:
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi).
Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.
Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.
|
10 mg x 4 jp
|
· Buku IPS untuk SMP/Mts kls VIII BSE
· Buku IPS untuk Kls VIII SMP Grafindo
· Buku Panduan pendidik IPS Terpadu
untuk SMP/MTs Kls VIII JP BOOKS
· Referensi lain yang sesuai.
· Media cetak/ elektronik
|
Mengetahui
Kepala
SMP 6 Ngawi Guru
Mata Pelajaran IPS
Dra.
SRI RAHAYU HARTONO
NIP.
19630321 198903 2 006 NIP.
19671209 200701 1 016
0 Komentar untuk "SILABUS MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIII"