SILABUS MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIII


SILABUS
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN  SOSIAL


Satuan Pendidikan      :  
Kelas                           :   VIII
Kompetensi Inti

KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Instrumen Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1      Menghayati karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2      Menghayati ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat.
1.3      Menghayati karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.





2.1      Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan kebangsaan dalam menumbuhkan rasa kebangsaan.
2.2      Berperilaku jujur, sopan, estetikadan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik.
2.3      Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulangan permasalahan lingkungan hidup.
3.1      Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).
4.1    Menyajikan hasil telaah aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik) di lingkungan sekitar.



Permasalahan kependudukan, lingkungan, dan dampaknya terhadap pembangunan nasional.
1)      Permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup
2)      Dampak  permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup terhadap pembangunan  nasional
3)      Cara mencegah dan  mengatasi permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup
Mengamati:
Membaca dan menyimak buku teks tentang permasalahan kependudukan dan lingkungan, dampaknya  terhadap pembangunan  nasional, dan cara mencegah serta mengatasinya  (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).

Mempertanyakan:
Berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang permasalahan kependudukan, lingkungan, dan dampaknya terhadap pembangunan nasional perubahan  dan  keberlanjutan  kehidupan  manusia ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).

Mengumpulkan:
Mengumpulkan data terkait dengan pertanyaan dan materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan yang relevan maupun  browsing internet.

Mengasosiasikan:
Menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan  kesimpulan bagaimana  mempelajari perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).

Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan dan tulisan tentang permasalahan kependudukan, lingkungan, dan dampaknya terhadap pembangunan nasional dalam mempelajari perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).

Observasi:
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi)

Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.

Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.

.




8 mg x 4 jp

·    Buku IPS untuk SMP/Mts kls VIII BSE
·    Buku IPS untuk Kls VIII SMP Grafindo
·    Buku Panduan pendidik IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kls VIII  JP BOOKS
·    Referensi lain yang sesuai.
·    Media cetak/ elektronik
3.2     Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik.
4.2      Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.


Proses terbentuknya NKRI
1.      Pengaruh kolonialisme dan
2.      bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan geografi.
3.      Terbentuknya kesadaran nasional.
4.      Zaman pendudukan Jepang di Indonesia.
5.      Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI.


Mengamati:
Membaca buku teks tentang pengaruh kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia, perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik, serta  terbentuknya kesadaran nasional, usaha mempersiapkan kemerdekaan.

Mempertanyakan:
Bertanya dan berdiskusi  tentang perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik, serta peristiwa proklamasi kemerdekaan.

Mengumpulkan:
Mengumpulkan data terkait dengan pertanyaan dan materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan yang relevan maupun  browsing internet.

Mengasosiasikan:
Menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan  kesimpulan bagaimana  perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik.

Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan dan tulisan tentang perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik.

Observasi:
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi).

Portofolio
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.

Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.


8 mg x 4 jp

·    Buku IPS untuk SMP/Mts kls VIII BSE
·    Buku IPS untuk Kls VIII SMP Grafindo
·    Buku Panduan pendidik IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kls VIII  JP BOOKS
·    Referensi lain yang sesuai.
·    Media cetak/ elektronik
1.3.    Mendiskripsikan fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat.
4.3.    Menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar.

Penyimpangan Sosial
1)      Pengertian penyimpangan sosial
2)      Jenis penyimpangan sosial
3)      Faktor-faktor penyebab timbulnya penyimpangan sosial
4)      Peranan dan fungsi kelembagaan sosial di masyarakat (sosial, budaya, ekonomi dan politik)
5)      Strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan  peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar




Mengamati:
·       Membaca buku teks dan/referensi lain tentang pengertian, jenis, faktor-faktor penyebab timbulnya penyimpangan sosial, dan fungsi serta peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat.
·       Mengamati lingkungan sekitar tentang jenis, faktor-faktor penyebab timbulnya penyimpangan sosial, dan fungsi serta peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat.

Mempertanyakan tentang:
·       Apa fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat?

·       Strategi apa saja yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan  peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar?

Mengumpulkan:
Mengumpulkan data  tentang fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat dan berbagai strategi apa saja yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan  peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar dengan membaca buku teks, dll. yang relevan maupun dengan melakukan browsing internet.

Mengasosiasikan:
Menganalisis  informasi dan data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan kesimpulan.

Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi tentang fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat dan berbagai strategi apa saja yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan  peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat dalam bentuk lisan dan tulisan.


Tugas kelompok:
Membuat klipping tentang jenis-jenis penyimpangan sosial di masyarakat, kemudian menganalisis faktor-penyebab timbulnya, dan peran kelembagaan sosial dalam mengatasinya.

Observasi:
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi).

Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.

Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.

9 mg x 4 jp

·    Buku IPS untuk SMP/MTs kls VIII BSE
·    Buku IPS untuk Kls VIII SMP Grafindo
·    Buku Panduan pendidik IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kls VIII  JP BOOKS
·    Referensi lain yang sesuai.
·    Media cetak/ elektronik
1.4.    Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.4.   Menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
Interaksi  Manusia  dengan Lingkungan Alam, Sosial, Budaya, dan Ekonomi.
1)      Bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi
2)      Permasalahan yang timbul akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi
3)      Faktor penyebab timbulnya permasalahan akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi
4)      Cara mencegah dan mengatasi permasalahan yang timbul akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi
Mengamati:
Membaca buku teks dan/referensi lain yang relevan tentang  bentuk-bentuk interaksi  manusia  dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, permasalahan yang timbul, faktor penyebab timbulnya permasalahan, cara pencegahan, dan cara mengatasinya.

Mempertanyakan tentang:  
·       Apa saja permasalahan yang timbul akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi.
·       Faktor penyebab timbulnya permasalahan akibat interaksi  manusia  dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, cara pencegahan, dan mengatasinya.

Mengumpulkan:
Mencari informasi dari lingkungan sekitar/media cetak/elektronik tentang berbagai masalah yang timbul di lingkungan sekitar akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, menganalisis faktor penyebab timbulnya, cara mencegah dan mengatasinya.

Mengasosiasikan:
Berdiskusi untuk menganalisis berbagai masalah yang timbul di lingkungan sekitar akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, menganalisis faktor penyebab timbulnya, cara mencegah dan mengatasinya.

Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi tentang interaksi  manusia  dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam bentuk lisan dan tulisan.

Tugas kelompok:
Mencari informasi dari lingkungan sekitar/media cetak/elektronik tentang masalah yang timbul di lingkungan sekitar akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, menganalisis faktor penyebab timbulnya, cara mencegah dan mengatasinya.

Observasi:
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi).

Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.

Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.

10 mg x 4 jp


·    Buku IPS untuk SMP/Mts kls VIII BSE
·    Buku IPS untuk Kls VIII SMP Grafindo
·    Buku Panduan pendidik IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kls VIII  JP BOOKS
·    Referensi lain yang sesuai.
·    Media cetak/ elektronik


Mengetahui
Kepala SMP 6 Ngawi                                                                                                                                                                         Guru Mata Pelajaran IPS





Dra. SRI RAHAYU                                                                                                                                                             HARTONO
NIP. 19630321 198903 2 006                                                                                                                                                                          NIP. 19671209 200701 1 016









Related : SILABUS MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIII

0 Komentar untuk "SILABUS MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIII"