RPP AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Sekolah                       : SMP Negeri 6 Ngawi
Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester          : VII/Satu
Materi Pokok              : Dengan Ilmu Pengetahuan Semua menjadi Mudah
Alokasi Waktu            : 2 Pertemuan (6 JP)

A.     Kompetensi Inti

KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD
Indikator
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu

1.1.1  Memiliki kemampuan membaca Al Qur’an QS. ar-Rahman/ 55: 33 dan QS al-Mujadalah/ 58:11 dengan baik dan benar
1.1.2  Membiasakan diri membaca Al Qur’an setiap hari

2.1 Menghayati perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasiQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Ramān /55: 33 dan Hadis terkait

2.1.1 Memiliki semangat yang tinggi untuk menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Ramān /55: 33 dan Hadis terkait.
2.1.2   Belajar dengan sungguh-sungguh, tekun, ulet dan teliti sebagai kunci keberhasilan
2.1.3   Mau mengajarkan ilmu pengetahuan kepada orang lain
3.1 Memahami makna Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Ramān /55: 33 dan Hadis terkait tentang menuntut ilmu

3.1.1   Mampu menterjemahkan  Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Ramān /55: 33 dan hadis terkait tentang menuntut ilmu dengan benar
3.1.2 Menjelaskan kesimpulan makna Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Ramān /55: 33 dan hadis terkait tentang menuntut ilmu dengan benar
3.1.3. Menjelaskan hukum bacaan Tajwid (Al Syamsiyah dan Al Qomariyah) sebagaimana
            terkandung dalam Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Ramān /55: 33
3.1.4. Mengidentifikasi hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qomariyah dalam Q.S. al-
            Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Ramān /55: 33
4.1.1 Membaca Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Raḥmān /55: 33 dengan tartil
4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Raḥman /55: 33 dan Hadis terkait dengan lancar
4.1.3 Menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S. al-Mujādilah /58: 1 dan Q.S. ar-Raḥman /55:

4.1.1. Mendemonstrasikan bacaan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Raḥmān /55: 33 
            dengan tartil 
4.1.2.  Menghafal Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Raḥmān /55: 33  dan hadis terkait tentang menuntut ilmu dengan lancar
4.1.3.  Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Raḥmān /55: 33  dan hadis terkait tentang menuntut ilmu dengan lancer


C.   Tujuan Pembelajaran
D.    Peserta didik mampu:
Pertemuan pertama:
Setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
KD 1.1:
1.1.1  Meningkatkan rasa syukur kepada Allah Swt. karena masih bisa bersekolah atau mencari ilmu.
1.1.2  Meningkatkan ibadah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah.
1.1.3  Berdoa untuk memohon pertolongan agar diberikan kemudahan dan ilmu yang bermanfaat.
1.1.4  Senang membaca kitab suci al-Qur’an sebagai amal salih dan menjadi penenang hati jika mendapatkan ujian
1.1.5  Gemar membaca hadits terkait sebagai bentuk cinta Rasulullah dan mencontoh akhlak beliau

KD 2.1:
2.1.1  Bersikap dan berperilaku sopan santun serta taat kepada orang tua dan guru.
2.1.2 Bersikap dan berperilaku tawadhu’ kepada orang tua dan guru karena menyadari akan jasa-jasa baik mereka.
2.1.3 Berbuat baik kepada orang tua dan guru sebagai bentuk balas budi kepada mereka .
2.1.4 Tidak takabbur kepada orang lain karena menyadari akan hakikat manusia.
2.1.5  Mencontoh sifat Rasulullah yang fathonah dan gemar belajar.

KD 3.1:
3.1.1  Menguraikan makna QS ar-Rahman/ 55:33, QS al-Mujadalah/ 58:11 serta hadis yang terkait
3.1.2  Menyebutkan makna/arti perlafal pada QS ar-Rahman/ 55:33, QS al-Mujadalah/ 58:11 serta hadis yang terkait.
3.1.3  Menguraikan bukti-bukti tentang pentingnya penuntut ilmu
3.1.4 Menjelaskan kandungan QS ar-Rahman/ 55:33, QS al-Mujadalah/ 58:11 serta hadis yang terkait.
3.1.5  Membedakan pengertian ilmu agama dan ilmu pengetahuan.
3.1.6 Mendeskripsikan beberapa contoh perbedaan orang yang berilmu dan yang tdk berilmu.


Pertemuan kedua:
Setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
KD 1.1:
1.1.1  Bersyukur kepada Allah Swt. karena masih diberi nikmat menuntut ilmu.
1.1.2  Meningkatkan ibadah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah.
1.1.3  Berdoa untuk memohon pertolongan agar diberikan kemudahan dan ilmu yang bermanfaat.
1.1.4. Senang membaca kitab suci al-Qur’an sebagai amal salih dan menjadi penenang hati jika mendapatkan ujian
1.1.5  Gemar membaca hadits terkait sebagai bentuk cinta Rasulullah dan mencontoh akhlak beliau

KD 2.1:
2.1.1  Bersikap dan berperilaku sopan santun serta taat kepada orang tua dan guru.
2.1.2 Bersikap dan berperilaku tawadhu’ kepada orang tua dan guru karena menyadari akan jasa-jasa baik mereka.
2.1.3 Berbuat baik kepada orang tua dan guru sebagai bentuk balas budi kepada mereka .
2.1.4 Tidak takabbur kepada orang lain karena menyadari akan hakikat manusia.
2.1.5  Mencontoh sifat Rasulullah yang fathonah dan gemar belajar.

KD 3.1:
3.1.1  Membuat paparan yang menarik tentang kaidah ilmu tajwid yang terdapat pada QS ar-Rahman/55:33 dan QS al-Mujadalah/58:11.
3.1.2  Mengidentifikasi hokum bacaan alif lam syamsiyah (idgham syamsiyah) dan alif lam qamariyah (izhar qamariyah)




KD 4.1:
4.1.1 Mempraktikkan bacaan QS ar-Rahman/55:33, QS al-Mujadalah/58:11, dan hadits yang terkait
4.1.2 Menyalin bacaan QS ar-Rahman/55:33, QS al-Mujadalah/58:11, dan hadits yang terkait

E.      Fokus Penguatan karakter
Taat, religius, tawadzu’, gotong royong, dan tanggung jawab
F.      Materi Pembelajaran
1.       Materi pembelajaran reguler:
a.         Teks QS ar-Rahman/55:33, QS al-Mujadalah/58:11, dan hadits yang terkait.
b.         Arti  QS ar-Rahman/55:33, QS al-Mujadalah/58:11, dan hadits yang terkait.
c.          Kandungan QS ar-Rahman/55:33, QS al-Mujadalah/58:11, dan hadits yang terkait
d.        Pengertian hokum bacaan alif lam syamsiyah dan macam-macam hurufnya
e.         Contoh bacaan alif lam syamsiyah
f.          Pengertian hokum bacaan alif lam qamariyah dan macam-macam hurufnya
g.         Contoh bacaan alif lam qamariyah

2.       Materi pembelajaran pengayaan:
a.         Perbedaan orang yang berilmu pengetahuan dan tidak serta manfaatnya dalam menjalani kehidupan di dunia dan di akhirat
b.         Makna long life education versi hadits yang terkait

3.       Materi pembelajaran remedial:
a.         Teks QS ar-Rahman/55:33, QS al-Mujadalah/58:11, dan hadits yang terkait.
b.         Arti  QS ar-Rahman/55:33, QS al-Mujadalah/58:11, dan hadits yang terkait.
c.          Kandungan QS ar-Rahman/55:33, QS al-Mujadalah/58:11, dan hadits yang terkait
d.        Pengertian hokum bacaan alif lam syamsiyah dan macam-macam hurufnya
e.         Contoh bacaan alif lam syamsiyah
f.          Pengertian hokum bacaan alif lam qamariyah dan macam-macam hurufnya
g.         Contoh bacaan alif lam qamariyah
 (menyesuaikan materi yang belum dikuasai siswa setelah dilakukan penilaian)


G.    Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode inquiry/discovery learning.

H.    Media dan Bahan
              1.       Media
a.       Presentasi Power Point
b.        Laptop/Komputer
c.         LCD Projector
d.        White Board/Black Board
e.         Gunting


              2.       Bahan
                            a.          Pensil/ Spidol.
                           b.          Kertas
                            c.          CD/Flash Disk
                           d.         Bahan-bahan lainnya.
I.        Sumber Belajar
1.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII (Buku Siswa) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman 84 - 101).
2.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII (Buku Guru) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman 56-71).
3.       Departemen Agama RI. 2005. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama R I


J.        Langkah-langkah Pembelajaran
1.           Pertemuan Pertama: 3 JP
a.       Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
1)         Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat
2)         Guru memerhatikan kesiapan peserta didik dan mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
3)         Peserta didik secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan materi pembelajaran QS. al-‘Alaq dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
4)         Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu dengan cara mealakukan tanya jawab singkat tentang kompetensi tersebut.
5)         Guru memutarkan film laskar pelangi, siswa mengamati dan menyimpulkan kisah inspiratif tersebut.
6)         Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu  menunjukkan sikap bersyukur kepada Allah dengan gemar mencari ilmu dan bersikap tawadhu’ terhadap guru dan orang tua; yaitu peserta didik mampu membaca dalil naqli yang terkait dengan menuntut ilmu; mampu memaparkan dan menerapkan bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah.
7)         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu QS. ar-Rahman/55:33, QS al-Mujadalah/58:11, dan hadits yang terkait dan kaidah ilmu tajwid yang relevan (alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah).
8)         Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran dan lingkup penilaian, yang meliputi: penilaian sikap dalam bentuk observasi, penilaian diri dan, antar teman; penilaian pengetahuan dalam bentuk tes lisan; dan penilaian dalam bentuk produk.



b.      Kegiatan Inti ( 90 menit )



Guru menyuruh salah satu siswa membaca Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dan siswa yang menyimaknya.
1.       Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “jasamu guru” kemudian siswa memberikan komentar yang terkait dengan lagu tersebut.
2.       Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencermati arti Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33  serta hadis tentang semangat menuntut ilmu dan pentingnya semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-hari
3.       Siswa berdiskusi menyusun arti kataQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33  menjadi terjemah secara utuh dan pentingnya semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-hari
4.       Setiap kelompok menunjukkan/memaparkan hasil diskusi makna Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dan pentingnya semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-hari
5.       Kelompok yang lain menanggapi paparan makna Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dan pentingnya semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-hari
6.       Guru bersama siswa merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan dan paparan keterkaitan semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-hari dengan pesan yang terkandung dalam Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33


K.     Kegiatan Penutup (10 menit)
                                1)          Guru bersama-sama para peserta didik merumuskan simpulan tentang konsep pentingnya ilmu pengetahuan dalam kehidupan kita sesuai dengan QS ar-Rahman/55:33, QS al-Mujadalah/58:11 dan hadits yang terkait serta konsep hokum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah.
                                2)          Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik mengamalkan ajaran kitab suci Alquran dan hadits yang terkait sebagai implementasi ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya dalam bentuk gemar belajar.
                                3)          Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (pekerjaan rumah/PR) kepada peserta didik.
                                4)          Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya serta kegiatan pembelajarannya.
                                5)          Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.






1.    Pertemuan Kedua
a.    Kegiatan Pendahuluan  (15 menit)
1)      Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)      Peserta didik secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan materi pembelajaran dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3)      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dan mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan menyanyikan lagu “Jasamu Guru” dan kemudian guru menanyakan bagaimana seharusnya kalian bersikap terhadap guru yang sudah berjasa kepada kalian.
4)      Guru mereview penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu arti dan kandungan QS ar-Rahman/55:33, al-Mujadalah/58:11, dan hadits yang terkait.
5)      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dipelajari yaitu terkait dengan implementasi sikap pandai bersyukur kepada Allah dan sikap tawadzu’ kepada orang tua dan guru, pengertian dan ketentuan hukum bacaan alif lam syamsiyah dan qamariyah serta penerapan bacaan QS ar-Rahman/55:33, al-Mujadalah/58:11, dan hadits yang terkait.
6)      Guru menyampaikan garis-garis besar materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
7)      Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu penilaian sikap dengan observasi (dalam bentuk jurnal) dan penilaian diri dan penilaian pengetahuan dengan tes tertulis serta penilaian ketrampilan dalam bentuk praktik.

b.   Kegiatan Inti (90 menit)
1.         Guru meminta tagihan tugas pada pertemuan sebelumnya dengan teknik produk salinan ayat dan hadits yang terkait.
2.         Guru menceritakan kisah rombongan santri yang hanyut di sungai saat memenuhi undangan hotmil qur’an.
3.         Siswa menyimak dan memberikan komentar terkait dengan cerita tersebut
4.         Guru menjelaskan konsep hokum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
5.         Siswa menyimak penjelasan  tentang hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
6.         Guru mengajukan pertanyaan mengenai hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dengan membagikan short card yang bertuliskan contoh bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah secara acak kepada masing-masing kelompok
2.         Secara berkelompok siswa mencari dan mengumpulkan lafaz yang mengandung hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
3.         Siswa mengklasifikasi lafaz yang mengandung hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah yang terdapat pada Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33
4.         Siswa menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33
5.         Siswa melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan lafal yang mengandung bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
6.         Secara berpasangan siswa membaca dan menghafalkanQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33
7.         Guru melakukan penilaian ketrampilan dengan teknik praktik
8.         Siswa mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Mujādilah/58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33


9.    Kegiatan Penutup (15 menit)
1)         Guru memfasilitasi peserta didik merumuskan beberapa simpulan mengenai kaidah hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah serta membaca bersama ayat hadits yang terkait dengan cara hafalan.
2)         Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan, dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik selalu berperilaku baik, taat, dan patuh terhadap orang tua dan guru.
3)         Guru melakukan penilaian dengan memberikan lembar kerja berupa tes tertulis dalam bentuk essay (uraian) dan peserta didik secara mandiri mengerjakannya.
4)         Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi dan pengayaan kepada peserta didik.
5)         Guru memberitahukan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya, yaitu memberikan refleksi semua KD pada semester satu sebagai bekal persiapan PAS Ganjil.
6)         Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.

L.       Penilaian
1.                            Sikap spiritual

No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar Observasi
Lampiran 1

Saat pembelajaran berlangsung.
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
2
Penilaian diri
Lembar penilaian diri
Lampiran 2



Saat pembelajaran usai.
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

Penilaian antarteman
Lembar penilaian antarteman
Lampiran 3



Setelah pembelajaran usai.
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

2.                            Sikap sosial

No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Jurnal
Lampiran 4
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
2
Penilaian diri
Lembar penilaian diri
Lampiran 5



Saat pembelajaran usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)
3
Penilaian antarteman
Lembar penilaian antarteman
Lampiran 6



Setelah pembelajaran usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)


3.                            Pengetahuan

No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan

Lisan
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
Lampiran 7
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)

Penugasan
Tugas tertulis
Lampiran 8




Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)

Tertulis
Soal-soal esei
Lampiran 9




Setelah pembelajaran usai
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)

Portofolio
Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis



Saat pembelajaran usai
Data untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan (assessment of learning)

4.                            Keterampilan

No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan

Produk
Soal keterampilan produk
Lampiran 10
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)

Praktik
Soal ketrampilan praktik

Saat pembelajaran usai
Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan

5.                            Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
    pembelajaran ulang
    bimbingan perorangan
    belajar kelompok
    pemanfaatan tutor sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.

Format kegiatan pembelajaran dan hasil penilaian remedial (lampiran 11)
1.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
Format kegiatan pengayaan (lampiran 12)


                                                                                                Jakarta, 3 M aret 2018
Mengetahui                                                                            Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP..Negeri 6 Ngawi .                                              Pendidikan Agama Islam
                                                                                                dan Budi Pekerti,                   


                                                                                                   
                                                                                   
___________________ 1                                                                Drs. S O ‘ E B.
NIP. ...                                                                                     NIP. 19590804198803 1 004



Lampiran 1: Lembar observasi sikap spiritual

Petunjuk:
a.    Pengamatan sikap dengan observasi menggunakan lembar observasi dilakukan di setiap pertemuan.
b.    Pengisian lembar observasi dengan cara menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.
c.     Berikut format jurnal sikap.

No.
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Observasi
Butir Sikap
Tindak lanjut
1





2


·      


Dst.






Indikator yang diamati:
1.  Bersyukur kepada Allah Swt. karena masih bisa sekolah/mencari ilmu.
2.  Meningkatkan ibadah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah.
3.  Berdoa untuk memohon pertolongan agar diberikan kemudahan dan ilmu yang bermanfaat..
4. Senang membaca kitab suci al-Qur’an sebagai amal salih dan penenang hati ketika menemukan kesulitan atau kendala dalam belajar.
5. Senang membaca hadits yang terkait dengan menuntut ilmu agar motivasi diri agar bisa mencontoh dan menjalani apa yang telah diajarkan oleh Rasulullah.  


Lampiran 2: Lembar penilaian diri sikap spiritual

Petunjuk:
Berilah tanda centang () pada  kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

No.
Pernyataan
Ya
Tidak
1.
Saya bersyukur kepada Allah Swt. karena masih bisa sekolah/mencari ilmu.


2.
Saya rajin salat fardu dan dhuha sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah.


3.
Saya meningkatkan ibadah salat sunah sebagai rasa syukur kepada Allah.


4.
Saya berdoa untuk memohon pertolongan agar diberikan kemudahan dan ilmu yang bermanfaat.


5.

Saya senang membaca kitab suci al-Qur’an sebagai amal salih dan penenang hati ketika menemukan kesulitan dalam belajar.


6.
Saya senang membaca hadits agar bisa mencontoh ajaran dan perbuatan Rasulullah.




Keterangan:
a.    Penilaian sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.
b.    Penilaian diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

Lampiran 3: Lembar penilaian antarteman sikap spiritual
Petunjuk:
Berilah tanda centang () pada  kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

No.
Pernyataan
Ya
Tidak
1.
Teman saya bersyukur kepada Allah Swt. karena masih bisa sekolah/mencari ilmu.


2.
Teman saya rajin salat fardu sebagai bentuk bersyukur kepada Allah.


3.
Teman saya meningkatkan ibadah salat sunah sebagai bentuk syukur kepada Allah.


4.
Teman saya berdoa untuk memohon pertolongan agar diberikan kemudahan dan ilmu yang bermanfaat.


5.
Teman saya senang membaca kitab suci al-Qur’an sebagai amal salih dan penenang hati ketika menemukan kesulitan dalam belajar.


6.
Teman saya senang membaca hadits agar bisa mencontoh ajaran dan perbuatan Rasulullah.



Keterangan:
­   Penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.
­   Sebagaimana teknik penilaian diri, teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.


Lampiran 4: Jurnal sikap sosial
Petunjuk:
a.       Pengamatan sikap dengan observasi menggunakan instrumen jurnal dilakukan di setiap pertemuan.
b.      Pengisian jurnal dengan cara menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.
c.       Berikut format jurnal sikap.

No.
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak lanjut
1





2


·      


Dst.






Lampiran 5: Lembar penilaian diri sikap sosial

Petunjuk:
Berilah tanda centang () pada  kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

No.
Pernyataan
Ya
Tidak
1.
Saya menjaga sikap dalam pergaulan sehari-hari.


2
Saya menjaga perkataan dalam pergaulan sehari-hari agar tidak menyakiti orang lain.


3.
Saya berperilaku taat kepada orang tua dan guru karena mereka sangat berjasa terhadap diri saya.


4.
Saya berbuat baik kepada orang orang tua dan guru sebagai bentuk balas budi saya kepada mereka.


5.
Saya mendengarkan dan melaksanakan apa yang dinasihatkan oleh orang tua dan guru sebagai bentuk tawadzu’ saya kepada mereka.



Keterangan:
c.     Penilaian sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.
d.   Penilaian diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

Lampiran 6: Lembar penilaian antarteman sikap sosial
Petunjuk:
Berilah tanda centang () pada  kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

No.
Pernyataan
Ya
Tidak
1.
Teman saya menjaga sikap dalam pergaulan sehari-hari.


2.
Teman saya menjaga perkataan dalam pergaulan sehari-hari agar tidak menyakiti orang lain.


3.
Teman saya berperilaku taat kepada orang tua dan guru karena mereka sangat berjasa terhadap diri saya.


4.
Teman saya berbuat baik kepada orang orang tua dan guru sebagai bentuk balas budi saya kepada mereka.


5.
Teman saya mendengarkan dan melaksanakan apa yang dinasihatkan oleh orang tua dan guru sebagai bentuk tawadzu’ saya kepada mereka.



Keterangan:
­   Penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.
­   Sebagaimana teknik penilaian diri, teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
Lampiran 7: Soal-soal tes lisan

Petunjuk: Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

No.
Daftar Pertanyaan
Ket.
  1.  
Apa kandungan QS ar-Rahman:33 dan al-Mujadalah:11 serta hadits yang terkait

  1.  
Sebutkan hikmah orang yang berilmu pengetahuan!

  1.  
Apa kunci kebahagiaan di dunia dan di akhirat?

  1.  
Jelaskan konsep hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah serta sebutkan contohnya!

  1.  
Identifikasikan perbedaan kedua bacaan tersebut!



Lampiran 8: Lembar tugas

Petunjuk: Salinlah QS. ar-Rahman: 33, al-Mujadalah:11 dan hadits tentang kewajiban mencari ilmu dengan artinya dan menuliskannya di buku tugas!

Pedoman penskoran:

No.
Aspek yang dinilai
Skor
1.
Menuliskan ayat al-Qur’an yang berisi pentingnya menuntut ilmu dalam buku tugas.
0-3
2.
Menuliskan arti ayat al-Qur’an yang berisi pentingnya menuntut ilmu dalam buku tugas.
0-2
3.
Menuliskan hadis yang berisi hokum mencari ilmu dalam buku tugas.
0-3
4.
Menuliskan arti hadis yang berisi hokum mencari ilmu dalam buku tugas.
0-2
Skor maksimum
10



Lampiran 9: Soal-soal tes tulis

Petunjuk:
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
1.         Jelaskan kandungan QS. Ar-Rahman/55:33!
2.         Salinlah QS. Ar-Rahman/55:33!
3.         Carilah contoh bacaan alif lam syamsiyah dan qamariyah pada QS. Al-Mujadalah/58:11!


4.         Bagaimana bunyi potongan ayat QS. Al-Mujadalah/58:11 yang artinya “Allah akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu pengetahuan?
5.    Tulislah salah satu hadits yang menjelaskan tentang hukumnya menuntut ilmu!
                       6.      Apa yang dimaksud dengan istilah “long life education”?
                       7.      Siapakah Malaikat yang pertama kali mengajarkan membaca kepada Nabi Muhammad saw.?
                       8.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan idgham syamsiyah!
                       9.      Sebutkan huruf-huruf idzhar syamsiyah!
                   10.      Bagaimana cara membaca bacaan izhar qamariyah?

Kunci Jawaban:
No.
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1.
Soal No. 1
Manusia tidak akan bisa menembus langit dan bumi kecuali dengan kekuatan dari Allah, sedangkan kekuatan yang diberikan Allah tersebut adalah akal pikiran.
0-1
2.
Soal No. 2
0-1
3.
Soal No. 3
Alif lam syamsiyah:
Alladzina, Allahu

Alif lam qamariyah:
Al-majalisi, Alilma

0-1
4.
Soal No. 4
Yarfa’illaahulladzina aamanu minkum walladziina uutul ‘ilma darajat
0-1
5.
Soal No. 5
Thalabul ‘ilmi fariidzatin ‘alaa kulli muslimin wamuslimatin
0-1
6.
Soal No. 6
Pendidikan sepanjang hayat tanpa mengenal usia
0-1
7.
Soal No. 7
Malaikat Jibril
0-1
8.
Soal No. 8
Apabila ada alif lam bertemu huruf syamsiyah dengan ciri huruf lam dimasukkan ke huruf depannya dengan tanda ditasydid
0-1
9.
Soal No. 9
Ta’, tsa’, dal, dzal, ra’, za’, sin, syen, shad, dhad, tha’, dha’, lam, nun,
0-1
10.
Soal No. 10
Lamnya dibaca jelas
0-1


Jumlah skor
10







Lampiran 10: Instrumen Penilaian keterampilan

Petunjuk:
1.        Buatlah paparan yang berisi gambaran tentang pentingnya menuntut ilmu berdasarkan dalil naqlinya, dengan pembagian sebagai berikut:
·                                             Kelompok 1: Q.S. ar-Rahman 55/33
·                                             Kelompok 2: Q.S. al-Mujadalah 58/11
·                                             Kelompok 3: Q.S. ar-Rahman 55/33
·                                             Kelompok 4: Q.S. al-Mujadalah 58/11
·                                             Kelompok 5: Hadits yang terkait
·                                             Kelompok 6: Hadits yang terkait

2.        Lengkapilah paparan tersebut dengan deskripsi, gambar, animasi, atau video yang sesuai.
3.        Sajikan dalam bentuk presentasi menggunakan power point atau media lain yang relevan.

Rubrik penilaian produk:
No.
Aspek yang Dinilai
Skor
1.
Paparan berisi dalil naqli yang relevan.
3 = Sangat relevan
2 = Relevan
1 = Kurang relevan
2.
Paparan dilengkapi deskripsi, gambar, atau video yang sesuai.
3 = Sangat sesuai
2 = Sesuai
1 = Kurang sesuai
3.
Menyajikan dengan baik.
3 = Sangat baik
2 = Baik
1 = Kurang baik
Skor Maksimum
9
















Lampiran 11: Format pelaksanaan dan  hasil pembelajaran remedial.

Sekolah                                   : SMP ………………….
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                      : VII/Satu
Materi Remedial                     : 1. …
                                                  2.
Waktu Pemb. Remedial          :
Waktu Ulangan Remedial      :
Ketuntasan Belajar                 :
No.
Nama Siswa
Nilai UH
KD yang Tidak Tuntas
Bentuk Pembelajaran Remedial
Nilai Hasil Remedial
Ket.
1






2
dst.








Lampiran 12: Format pelaksanaan dan  hasil pembelajaran pengayaan.

Sekolah                                   : SMP
Mata Pelajaran                       : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                      : VII/Satu
Materi Pengayaan                  : 1.
                                                2.                                 
Waktu Pengayaan                  :
Waktu Ulangan                      :
Ketuntasan Belajar                 :

No.
Nama Siswa
Nilai UH.
Bentuk Pengayaan
Nilai Tes Pengayaan
1




2
dst.












Related : RPP AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII SEMESTER 1

0 Komentar untuk "RPP AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII SEMESTER 1"