RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
KELAS IV
( Siklus 2)
NAMA : NENENG SUSI SUSANTI
NIM : 825871511
SEMESTER : VIII (DELAPAN)
UPBJJ POKJAR NGAWI PROGRAM SEMESTER S1 PGSD
UNIVERSITAS TERBUKA
2018.1
RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN
PEMBELAJARAN
( RPP Perbaikan Siklus 2 )
Sekolah :
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester :
IV/ 2
Pertemuan Ke :
1
Alokasi Waktu :
1 x 35 Menit
I.
Standar Kompetensi
11. Memahami hubungan
antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
II.
Kompetensi Dasar
11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan
lingkungan
III. Indikator
o
Memahami konsep
tentang sumber daya alam
o Memberi contoh berbagai jenis sumber daya alam yang
dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia.
o Menggolongkan benda menurut asalnya.
IV. Tujuan Pembelajaran
o
Siswa mampu memahami konsep tentang sumber daya alam
o
Siswa mampu menyebutkan contoh sumber daya alam
o
Siswa mampu menggolongkan benda berdasarkan asalnya
V.
Tujuan
Perbaikan Pembelajaran
a.
Tujuan Perbaikan Bagi Siswa
o Meningkatkan
pemahaman siswa tentang sumber daya alam dan contohnya
b.
Tujuan Perbaikan Bagi Guru
o Meningkatkan
kinerja guru dalam menerapkan metode yang bervariasi dan menggunakan media
dalam pembelajaran tentang sumber daya alam
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
) dan
Tanggung jawab ( responsibility )
VI. Materi
Ajar
o
Konsep sumber daya
alam
o
Penggolongan sumber
daya alam dan contohnya
o
Kelompok benda
berdasarkan asalnya
VII. Metode
Pembelajaran
o
Tanya Jawab
o
Diskusi kelompok
VIII. Langkah langkah pembelajaran
1.
Kegiatan awal
o
Mengucapkan salam
o
Mengajak siswa berdoa sesuai dengan agama
masing-masing
o
Memberikan apersepsi dan motivasi
o
Menyampaikan tujuan yang diharapkan
|
(5
menit)
|
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Menjelaskan kembali singkat tentang Sumber
daya alam.
F Meminta siswa bekerja sama dalam kelompok
kecil untuk mengerjakan LKS yang telah disiapkan
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan dan member kesempatan bertanya
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru memberikan lembar tugas ( individu)
F Membahas lembar tugas
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
|
(25 menit)
|
IX.
X.
3.
Penutup
o
Memberikan kesimpulan benda yang berasal dari
tumbuhan, hewan dan bahan alam yang tidak hidup dapat memenuhi kebutuhan
manusia
o
Merencanakan kegiatan tindak lanjut
o Menutup pembelajaran
|
(5 menit)
|
XI. Alat/Bahan dan
Sumber Belajar
o Buku Sains SD kelas 4
o LKS (lembar soal )
o Media Gambar dan Contoh
Benda dari Sekitar
XII. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Memberi
contoh berbagai jenis sumber daya alam di Indonesia.
o
Menggolongkan
benda menurut asalnya.
|
Tugas Individu
dan kelompok
|
LKS
( Soal
pilihan
Ganda
atau
Uraian)
|
o
Sebutkanlah
contoh berbagai jenis sumber daya alam hayati dan non hayati ?
o
Sebutkanlah cara Menggolongkan benda menurut asalnya.
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar
benar
* sebagian kecil
benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,......................2018
Mengetahui
Kepala Sekolah Mahasiswa
Purwanto, S.Pd.M.Pd Neneng
Susi Susanti
NIP :196001161983031012 NIM
:825871511
0 Komentar untuk "RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN KELAS IV ( Siklus 2)"