PROPOSAL PENDIRIAN USAHA BENGKEL MOTOR
1. LATAR BELAKANG
1.1. Pendahuluan
Makin hari penambahan
populasi kendaraan bermotor di Karanganyar makin meningkat, khususnya di daerah kebakkramat. Peningkatan
penjualan sepeda motor ini menunjukkan indikasi daya beli masyarakat semakin
membaik. Bahkan hampir setiap orang punya dan membutuhkan sepeda motor. Kepadatan aktivitas di jalan menuntut kenyamanan
untuk itu kendaraan yang dipakai harus selalu dalam keadaan baik. Agar
kendaraan selalu dalam keadaan baik maka diperlukan perawatan dan service
berkala bahkan diperlukan juga perbaikan-perbaikan bagian yang rusak, untuk itu
sangat dibutuhkan jasa bengkel motor. Kondisi seperti inilah yang harus kita
akan manfaatkan sebagai peluang usaha. Usaha bengkel motor memang menjanjikan, mengingat pengguna sepeda motor
semakin banyak jumlahnya. Hal ini terbukti dari meningkatnya produksi sepeda
motor pertahun. Kebutuhan service bagi sepeda motor menjadi kebutuhan rutin
yang harus dilakukan oleh penggunanya. Apalagi daerah-daerah kebakkramat yang
notabennya adalah pemukiman penduduk. Pada daerah kebakkramat ini terdapat beberapa perumahan, perkampungan dan
kavlingan yang cukup padat penduduknya, sebagian besar warga disana menggunakan
motor sebagai alat transportasi. Dan jarak tempuh mereka ke kota cukup jauh,
sehingga frekuensi perbaikan dan service motorpun tinggi. Sedangkan didaerah
itu baru ada 2 bengkel motor, diperkirakan untuk membangun 1 atau 2 bengkel
motor lagi masih sangat layak.
1.2. Visi dan Misi
Visi :
Menjadikan tempat service yang
terpercaya dan bermanfaat untuk orang lain
Misi :
a. Memberikan pelayanan terbaik dan standar mutu kepada pelanggan
dengan menjalankan proses kerja terbaik dan terpercaya sehingga tercapai
kepuasan pelanggan
b. Membuka kelas kursus education bagi orang yang berminat untuk
menguasai bidang otomotif khususnya bengkel motor. Yang mana untuk mewujudkan
visi kami untuk bermanfaat untuk orang lain
c. Membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain
d. Mengembangkan menjadi franchise Mr.SERVICE diseluruh Indonesia
Motto :
Kepercayaan anda adalah ibadah buat kami
1.3. Motif Pemilihan usaha
a. Setiap rumah minimal
memiliki 2unit motor yang mana perlu dirawat
b. Menciptakan
lapangan pekerjaan bagi orang lain
c. Dapat
mengamalkan ilmu yang kami miliki
d. Otomotif adalah
hoby kami
1.4. Tujuan Bisnis
a. Memanfaatkan
peluang usaha dalam service ( perawatan ) motor karena pesatnya penjualan motor
di wilayah kami
b. Memberikan
education kepada orang yang berminat belajar dalam dunia otomotif untuk
menciptakan mekanik yang handal
c. Bersinergi
dengan investor untuk mendapatkan keuntungan
d. Mecari
pelanggan untuk mempercayakan perawatan motornya kepada kami dengan pelayanan
yang ramah agar pelanggan terpuaskan
e. Membuka
lapangan pekerjaan bagi orang lain
f.
Mengembangkan Mr.SERVICE dengan system franchise
2. KONSEP
BISNIS
2.1. Nama dan Lokasi Usaha
Kami memberi nama usaha
ini “ Mr.SERVICE “ yang mana akan didaftarkan ke department industry dan
perdagangan, dengan lokasi usaha kami dengan beralamatkan di Jl Raya Solo-Sragen
Km12 Wirorejan Rt02 / Rw03 Kemiri Kebakkramat Karanganyar
2.2. Dasar Ide
Motor pada dasarnya sarana
transportasi yang ada disekeliling kita yang mana sekarang ini minimal setiap
rumah memiliki motor sejumlah 2 unit. Atas dasar itu kami memanfaatkan peluang tersebut untuk
membuka sebuah bengkel motor yang kami beri nama Mr.SERVICE yang terpercaya
untuk masyarakat dengan pendukung tempat strategis, bersih, mekanik terlatih
dan pelayanan ramah agar pelanggan senang. Yang ada selama ini bengkel hanya
menunggu pelanggan yang datang atau disebut dengan istilah menunggu bola tetapi
Mr.SERVICE tidak berlaku seperti itu, karena Mr.SERVICE dengan system yang ada
maka Mr.SERVICE akan menjemput motor yang akan di service dan mengembalikannya setelah dilakukan perawatan oleh karena itu
pelanggan tidak perlu repot-repot mengantri dan menunggu di bengkel lagi.
Mahalnya biaya kursus education otomotif selama ini menjadi motivasi bagi kami
untuk membuka kelas kursus education otomotif yang biayanya terjangkau oleh
semua orang bahkan bisa gratis. Dengan ide ini kami yakin akan mampu bersaing
dengan gerai-gerai bengkel yang ada selama ini. Karena kami melayani semua
jenis pabrikan motor.
2.3. Jenis Produk
Seperti yang sudah ada
jenis usaha ini yang berhubungan erat dengan otomotif di bidang kendaraan bermotor
roda dua, Seperti :
a. Service rutin
kendaraan bermotor roda dua
b. Service Besar
kendaraan bermotor roda dua
c. Modifikasi
mesin,body dan chassis
d. Painting
e. Pengajaran (bisa
termasuk dalam hal promosi)
f. Spare
part moving part dan Modifikasi
g. Penitipan Barang
dagangan seperti motor bekas
h. Franchise waralaba
bengkel Mr.SERVICE
Namun disaat ini kami akan memusatkan perhatian kami pada
service harian, besar dan sebagai tempat kursus yang terpercaya dan bermanfaat
bagi orang lain. Hal yang lain akan tetap dilaksanakan namun masih belum
prioritas menunggu seiring jalannya waktu dan kondisi modal kami.
2.4. Keunggulan Produk
a. Mutu Mr.SERVICE
standart dealer resmi
b. Mekanik terlatih professional
c. Melayani segala macam pabrikan motor
d. Tempat bersih dan perlengkapan tool yang komplit
e. Mempunyai strategi pasar untuk menjaga pelanggan agar tidak pindah
ketempat lain
f. Biaya terjangkau
g. Memiliki tempat kursus education otomotif
h. Bisa franchise Mr.SERVICE
2.5. Struktur organisasi
Pimpinan : Arwan Fajar Rahmono
Marketing : Dwi Haryo Pambudi
Bendahara : Chinta Prihanti Kumalasari
mekanik : Eko, najmul, dan dwi
2.6. Urutan Proses Memulai Bisnis
a. Penetapan lokasi
b. Data competitor
c. Survey
harga peralatan bengkel
d. Pembuatan
Analisa Kelayakan
e. Perizinan Dan
Legalitas
f.
Action dalam rancangan usaha
2.7. Analisis SWOT terhadap peluang
bisnis
2.7.1. Kekuatan :
a. Tidak sewa
tempat usaha dan lokasi sangat strategis
b. A.F.Rahmono pendiri Mr.SERVICE sudah mengibarkan namanya dikancah
para komunitas selain itu A.F.Rahmono berpengalaman mengotak-atik kendaraan,dia
memiliki basic dan hobby tentang modifikasi dan service bengkel
c. Mekanik yang berpengalaman dalam otomotif kendaraan dan dapat
membaca management Bengkel
d. Mengetahui seluk beluk permintaan pasar yang ada di daerah
Kebakkramat Karanganyar JawaTengah dan sekitarnya
e. Dapat mengajarkan atau Training tentang education otomotif
f. Memperhatikan layanan service konsumen baik itu saat service
maupun paska service
g. Mempunya Teknik Promosi yang menarik
2.7.2. Kelemahan
a. Tidak memiliki
modal
b. Bengkel
berskala kecil hanya mampu 3 unit motor pada waktu service bersamaan
c. System
pengadaan dan penjualan sperpart masih kerjasama dengan toko tetangga
2.7.3. Kesempatan
a. Sekitar lokasi
baru ada 2 bengkel 2 dealer resmi
b. Memuaskan
pelanggan sebelum perawatan hingga purna perawatan
c. Banyaknya
kebutuhan masyarakat untuk perawatan motor
d. Keinginan orang
supaya motor tetap terjaga performanya
e. Minimal ada
2unit motor dalam satu rumah
f.
Belum ada bengkel yang menggunakan promosi kami
g. Belum ada
bengkel yang lengkap, mekanik terlatih dan melayani segala jenis pabrikan motor
h. Belum ada
bengkel dengan education otomotif yang biaya terjangkau
2.7.4. Ancaman
a. Adanya 2
bengkel yang sudah lama berdiri
b. Dealer semakin
menjamur
c. Banyaknya
produk competitor yang menawarkan manfaat sejenis bahkan lebih
3. ANALISIS PASAR
DAN PEMASARAN
3.1.
Sistem Keputusan Pelanggan
3.2. Pemasaran
3.2.1. Layanan Jasa
Sebagai Obyek Pemasaran
a. Memberikan layanan service yang terbaik dan
terpercaya
b. Buat suasana nyaman pengunjung dengan
menampilkan kebersihan pada tempat service
c. Layanan klaim gratis apabila konsumen kurang
cocok dengan service tahap pertama
d. Menjemput bola service antrian lewat call
e. Menjadikan pelanggan sebagai member tetap
f. Cuci motor gratis setelah perawatan
g. Bensin motor pelanggan tidak digunakan untuk
pengerjaan service
h. Memberikan hiburan terhadap pelanggan yang
sedang menunggu perawatan motor berupa TV, Koran otomotif, serta penyediaan
minum atau kopi gratis bagi mereka yang mengkonsumsinya
i. Teknik education otomotif
Ilmu otomotif khususnya modifikasi racing
amat sangat diminati oleh sebagian besar kawula muda. Dalam hal ini kita akan
berbagi ilmu dengan mereka, meskipun diluar banyak Les yang mengajari ilmu
Racing namun dapat dihitung oleh jari dan mahal. Kita akan membantu mereka
untuk mempermudah pengetahuan informasi akan ilmu modifikasi dan terjangkau.
Hal ini kita lakukan diluar jam kerja untuk mendapatkan target tersebut.
Tujuan dari teknik ini adalah menciptakan generasi muda yang
mengembangkan hobbynya menjadi usaha dan dari pihak kita akan mendapatkan
relasi untuk menyebarkan nama bengkel,penjualan tiket,dan kandidat mekanik baru
3.2.2. Analisa
Terhadap Harga Untuk Produk
a. Menjaga harga
agar tetap selalu bersaing
b. Menjaga harga
sperpart dan stocknya
3.2.3. Melakukan
Kegiatan Promosi
a.
Memberikan kupon karena pada tulisan kupon
tersebut adalah “Service dapat kejutan
dan Uang” maka tidak menutup kemungkinan mereka akan
menyebarkan kupon tersebut
b.
Menyebar brosur, pamflet Mr.SERVICE di sekitar
bengkel
c.
Bekerjasama dengan dealer motor second untuk
pembelian setiap unit, memberikan service gratis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku
d.
Menawarkan diskon untuk suatu golongan /
komunitas tertentu
e.
Membuat iklan di surat kabar dalam kota
3.3. Target Pasar
3.3.1. Sasaran
Konsumen
a.
Semua orang yang memiliki kendaraan bermotor
b.
Dealer motor second
c.
Komunitas / kelompok disekitar wilayah
d.
Pelajar atau mahasiswa yang hobby otomotif
4. ANALISA
KELAYAKAN PRODUK
4.1. Investasi
4.1.1. Keperluan
bangkel
o Sperpart dan Cuci motor Rp 20.000.000,00
§ system kerjasama
o Tool set Rp 15.000.000,00
§ 3 AIR
DUSTER / AIR GUN / SEMPROTAN ANGINRp 18.900,00
§ 3
MECHANIC TOOL KIT SET ISI 54 KUNCI Rp
5.985.000,00
§ 1 BOR
ELEKTRIK RDR 10R Rp
291.000,00
§ 1
COMPRESSOR DOUBLE PISTON 1/2 PK Rp
3.099.000,00
§ 3
CONGKELAN BAN 10" Rp
146.250,00
§ 3
CONGKELAN BAN 12" Rp
167.250,00
§ 1 GERINDA
ELEKTRIK RSG 100 Rp
275.000,00
§ 3 KUNCI
BINTANG SET ISI 6PCS Rp
359.700,00
§ 3 KUNCI L
SET PANJANG ISI 8PCS Rp
238.500,00
§ 3 KUNCI
STELAN KLEP Rp
30.000,00
§ 3 KUNCI T
8" Rp 53.700,00
§ 3 KUNCI T 10" Rp 53.700,00
§ 3 KUNCI T 12" Rp 53.700,00
§ 3 KUNCI T
14" Rp 53.700,00
§ 3 KUNCI
"T" CHROME V ANTI SLIP 8MM Rp 73.500,00
§ 3 KUNCI
"T" CHROME V ANTI SLIP 10MM Rp
73.500,00
§ 3 KUNCI
"T" CHROME V ANTI SLIP 12MM Rp
73.500,00
§ 3 KUNCI
"T" CHROME V ANTI SLIP 14MM Rp
73.500,00
§ 3 KUNCI
TUTUP KLEP S/G/T/M Rp
45.000,00
§ 3 OBENG
KETOK + MATA 4 PCS Rp
468.000,00
§ 3
PEMOTONG RANTAI Rp
330.000,00
§ 3 PRESURE
GAUGE/ISIAN ANGIN + PSI SET Rp
367.500,00
§ 3 SELANG
KOMPRESSOR 10M + KLEM 2 SISI Rp
195.000,00
§ 1 TANGGEM
/ RANGGUM 4" Rp
561.700,00
§ 3 TANG
SNAP RING ES OUT Rp
128.700,00
§ 3 TANG
SNAP RING IS IN Rp
128.700,00
§ 3 TREKER
MAGNET MULTI FUNGSI TYPE 1 Rp
262.500,00
§ 3 TREKER
MAGNET MULTI FUNGSI TYPE 2 Rp
262.500,00
§ 3 TREKER
MAGNET CRYPTON/VEGA Rp
441.000,00
o 3 Display bike lift Rp 12.000.000,00
o Alat-alat administrasi Rp
500.000,00
o Promosi Rp 500.000,00
o Computer kasir
Rp 7.000.000,00
o Membangun bengkel Rp 5.000.000,00
o Interior bengkel Rp
5.000.000,00
o Peralatan education Rp
5.000.000,00
o Lain-lain Rp 1.000.000,00
o Steam motor Rp 4.000.000,00
JUMLAH Rp 75.000.000,00
Peralatan mengalami penyusutan
selama 4 tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.000,00 dengan menggunakan metode garis
lurus. Biaya penyusutan per tahun
= (Rp 75.000.000,00 – Rp 1000,00) : 4 = Rp 18.750.000,00 per tahun atau sama
dengan Rp 1.5650.000,00 per bulan
4.2. Peralatan Modal Kerja
4.2.1. Keperluan
bengkel Rp
1.000.000,00
§ Oil grease
§ Bensin
§ Kain lap
§ Amplas
§ Karburator cleaner
4.2.2. Promo
bengkel Rp
200.000,00
§ Kupon
§ Brosure
4.2.3. Keperluan lain-lain Rp
300.000,00
JUMLAH Rp
1.500.000,00
5. ANALISA LABA /
RUGI
5.1. Pendapatan
§ Jasa Rp
22.500.000,00
Jasa jmlh mtr/hr income Total/bulan
Service 30 Rp 25.000,00/motor Rp 22.500.000,00
§ Sperpart Rp
2.000.000,00
10% dari modal Rp 20.000.000,00 Rp 2.000.000,00
§ Education Rp
2.000.000,00
Harga Target anak total/bulan
paket 1 Rp.10.000 5 Rp 200.000,00
paket 2 Rp.20.000 5 Rp 400.000,00
paket 3 Rp.30.000 5 Rp 600.000,00
paket 4 Rp.40.000 5 Rp 800.000,00
paket 5 Rp.50.000 5 Rp 1.000.000,00
Perkiraan dipotong dana foto
copy dan izin sekolah 33,4%
Rp 1.000.000,00
_________________________________________________________________
JUMLAH Rp
26.500.000,00
5.2. Biaya-biaya
§ Biaya perlengkapan Rp
1.500.000,00
§ Biaya listrik,air, dan telpon Rp 400.000,00
§ Biaya perawatan tempat Rp 750.000,00
§ Biaya penyusutan peralatan Rp 1.600.000,00
§ Biaya gaji karyawan Rp
5.000.000,00
§ Biaya lain-lain Rp 100.000,00
§ Biaya kerjasama tempat usaha Rp 1.000.000,00
JUMLAH BIAYA Rp
10.350.000,00
LABA BERSIH Rp
16.150.000,00
6. BREAK EVENT
POINT
6.1. Maka lama balik modal dengan
asumsi diatas minimal :
Rp 76.000.000,00 : Rp 16.150.000,00 + 1
bulan = 6 bulan
7. SISTEM
KERJASAMA
System
yang kami tawarkan dalam kerja sama bengkel SISTEM KERJASAMA ini adalah sytem bagi hasil. Dalam system
bagi hasil diperlukan kejujuran satu sama lainnya karena itu diperlukan
pembukuan yang akurat dan system management yang handal. Bagi Hasil disini
adalah pembagian laba bersih. Dengan keahlian kami maka kami akan memutarkan
Modal yang anda Berikan dengan presentase pemilik modal 40% dan manajerial 60%
dari laba bersih, Ada beberapa contoh kasus penanaman modal :
Ø System Tunggal
·
Pemilik Modal memiliki kemampuan untuk memenuhi syarat
dari kebutuhan modal awal, maka dia utuh mendapatkan presentase sebesar 40%
dari laba bersih
Ø System patungan
·
Ada beberapa pemilik modal yang mengumpulkan modalnya
sampai mendapatkan modal yang diinginkan. Contoh dibutuhkan modal Rp
76.000.000 ada beberapa pemilik modal si
A 19jt,si B 9jt,si C 36,5 jt dan si D 11,5 jt. Maka didapatkan presentasinya
adalah si A =25 %, si B=12%, si C=48% dan si D=15% dari presentase keuntungan
pemilik modal contoh per tahun Laba bersih Rp 194.220.000/thn. Pemilik modal 40% dari Laba
Bersih yaitu Rp 77.688.000/thn, maka si A mendapatkan 25% dari keuntungan yaitu
Rp 19.422.000/thn, si B 12% = Rp.9.325.000/thn, si C 48% = Rp 37.291.000/thn
dan si D 15%=Rp.11.654.000 /thn. TOTAL keseluruhan Rp.77.688.000/tahun.
8. PENUTUPAN
Demikianlah proposal kami untuk
memajukan dan membuka tempat kerja untuk anak bangsa.
Apabila anda berminat akan proposal ini, maka akan kita bicarakan mengenai
peluang kerja sama dalam bidang ini. Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih.
0 Komentar untuk "PROPOSAL PENDIRIAN USAHA BENGKEL MOTOR"