PERANGKAT PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MADRASAH ALIYAH AL KAROMAH


PERANGKAT PEMBELAJARAN


AKIDAH AKHLAK
MADRASAH ALIYAH AL KAROMAH



Untuk MA
Kelas



 









Disusun oleh :
Umi Hanifatul Jannah




Memuat
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Silabus
Promes
Prota























Program Tahunan (PROTA)


Mata Pelajaran           : Akidah Akhlak
Kelas                    : X
Tingkat Pendidikan   : MA
Tahun Ajaran    : ……/……

Kompetensi inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Semester
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
(… x JP)
Keterangan
1
1.1     Meyakini kesempurnaan akidah Islam
1.2     Memiliki akidah yang kokoh dalam kehidupan sehari-hari
1.3     Menganalsis akidah Islam dan metode peningkatan kualitasnya
1.4     Mempraktikkan metode-metode peningkatan kualitas iman/ akidah
Islam
Memahami Akidah Islam
·       Pengertian Akidah
·       Dalil / Argumentasi dalam Akidah
·       Tujuan Akidah Islam
·       Metode-Metode Peningkatan Kualitas Akidah
·        Prinsip-Prinsip Akidah Islam


Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan
1.2    Terbiasa bertauhid dalam kehidupan sehari-hari
2.2    Terbiasa bertauhid dalam kehidupan sehari-hari
3.2    Menganalisi konsep tauhiid dalam Islam
4.2    Menunjukkan contoh prilaku bertauhid dalam Islam
Ayo Bertauhid
·       Mengimani Sifat-Sifat Wajib Allah
·       Mengimani Sifat Jaiz dan Sifat Mustahil Allah
·       Pengertian Tauhid
·       Nama-Nama Ilmu Tauhid
·       Ruang Lingkup Tauhid
·       Macam-Macam Tauhid
·       Memahami Makna Kalimat Tauhid
·       Hikmah dan Manfaat Bertauhid
·       Bahaya Tidak Bertauhid .......



Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan
1.3    Menghayati akhlak Islam dan metode peningkatan kualitasnya
2.3    Terbiasa menerapkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak dalam kehidupan
3.3    Menganalisis akhlak Islam dan metode peningkatan kualitasnya
4.3    Mempraktikkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak dalam Islam
Menjadi Hamba Allah yang Berakhlak
·       Pengertian Akhlak
·       Macam-Macam Akhlak



Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan
Ulangan Tengah Semester
1.4    Menghayati nilai akhlak terpuji (hikmah, iffah, syaja‘ah dan ‘adalah)
2.4    Membiasakan akhlak-akhlak (hikmah, iffah, syaja‘ah dan ‘adalah) dalam kehidupan
3.4    Menganalisis induk-induk akhlak terpuji (hikmah, iffah, syaja‘ah dan ‘adalah)
4.4    Mempraktikan contoh akhlak yang baik (hikmah, iffah, syaja‘ah dan ‘adalah)
Memahami Induk-induk Akhlak Terpuji
·       Induk-Induk Akhlak Terpuji
·       Menggali Hikmah Kehidupan
·       Membiasakan Sikap Iffah
·       Mengembangkan Sikap Syaja’ah
·       Menegakkan Sikap



Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan
1.5    Menunjukkan sikap penolakan terhadap akhlak tercela (hubbud-dunya, hasad, takabur/ujub, riya’)
2.5    Menghindarkan diri dari sifat-sifat buruk (hubbud-dun-ya, hasad, takabur/ujub, riya’)
3.5    Menganalisis induk-induk akhlak tercela (hubbud-dun-ya, hasad, takabur/ujub, riya’)
4.5    Menunjukkan contoh-contoh akhlak tercela (hubbud-dun-ya, hasad, takabur/ujub, riya’)
Ayo Kita Pelajari Induk-induk Akhlak Tercela
·         Hubbu ad-Dunya
·         Hasad
·         Takabbur-Ujub
·          Riya'



Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan
1.6    Menghayati makna syukur, qana‘ah, rida, dan sabar
2.6    Terbiasa bersyukur, qana‘ah, rida, dan sabar dalam kehidupan
3.6    Menganalisis makna syukur, qana‘ah, rida, dan sabar
4.6    Menunjukkan contoh perilaku bersyukur, qana‘ah, rida, dan sabar
Alangkah Bahagianya Jika Kita Bersyukur,
Qana’ah, Ridla dan Sabar
·         Syukur
·         Qona’ah
·         Ridha dan Sabar


Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan
1.7    Menghayati adab kepada orang tua dan guru
2.7     Terbiasa berakhlak terpuji kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
3.7    Memahami adab kepada orang tua dan guru
4.7    Mensimulasikam adab kepada orang tua dan guru
Ayo Kita Hormati Orang Tua dan Guru Kita
·         Adab Terhadap Orang Tua
·         Adab Terhadap Guru


Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan
1.8    Menghayati kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
2.8    Meneladani sifat-sifat utama Nabi Yusuf a.s.
3.8    Menganalisis kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
4.8    Menyajikan sinopsis kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
Kisah Teladan Nabi Yusuf A.S
·         Saudara-saudara Yusuf melakukan pertemuan rahasia
·         Nabi Yusuf bermimpi
·         Yusuf dimasukkan ke dalam sumur
·         Yusuf dijual-beli sebagai hamba sahaya
·         Yusuf dan godaan Zulaikha
·         Yusuf dalam penjara
·         Yusuf dibebaskan dari penjara
·         Yusuf diangkat sebagai wakil raja Mesir
·         Pertemuan Yusuf dengan saudara-saudaranya
·         Pertemuan kembali keluarga Ya’qub
·         Ibrah atau pelajaran yang didapat dari kisah Nabi Yusuf a.s.


Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan

Ulangan Semester
2
1.1     Menunjukkan sikap penolakan terhadap perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari.
2.1     Menghindari perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari.
3.1     Menganalisis perbuatan syirik dan macam-macam dan cara menghindarinya.
4.1     Menyajikan contoh praktik-praktik perbuatan syirik di masyarakat

Kegiatan Pembelajaran 1: Pengertian dan Macam-macam Syirik
·       Pengertian Syirik
·       Macam-macam Syirik

Kegiatan Pembelajaran 2:
Mari Menghindari Perbuatan Syirik
·       Bentuk-bentuk Perilaku Syirik
·       Bahaya Perbuatan Syirik
·       Cara Menghindari Perbuatan Syirik



Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan

1.2     Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami‘, al-‘Adl, an-Nafi‘, al-Basit, al-Hafiz dan al-Akhir.
2.2     Membiasakan diri untuk meneladani sifat Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami‘, al-‘Adl, an-Nafi‘, al-Basit, al-Hafiz dan al-Akhir.
3.2     Menganalisis makna 10 Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami‘, al-‘Adl, an-Nafi‘, al-Basit, al-Hafiz dan al-Akhir.
4.2     Menghafalkan lafal-lafal Asmaul Husna.

Kegiatan Pembelajaran 1: Memahami dan Menghayati Asmaul Husna Allah
·       Arti Asmaul Husna Allah
·       Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al-Matin, dan Al-Jami‘
·       Al-‘Adl, An-Nafi‘, Al-Basit, Al-Hafiz, dan Al-Akhir.

Kegiatan Pembelajaran 2:
Meneladani Asmaul Husna Allah
·       Meneladani Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al-Matin, dan Al-Jami‘
·       Meneladani Al-‘Adl, An-Nafi‘, Al-Basit, Al-Hafiz, dan Al-Akhir.




Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan




1.3     Menghayati perilaku husnuzzan, raja‘,  dan tobat
1.4     Menunjukkan sikap penolakan terhadap perilaku licik, tamak, dzalim dan diskriminasi
2.3     Terbiasa berperilaku husnuzzan, raja‘, dan tobat
2.4     Menghindari perilaku licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
3.3     Memahami pengertian dan pentingnya memiliki akhlak husnuzzan, raja‘, dan tobat
3.4     Memahami pengertian dan pentingnya menghindari licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
4.3    Melafalkan doa-doa tobat dari Al-Qur’an dan hadis
4.4    Menceritakan bahaya dari akhlak tercela licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
Kegiatan Pembelajaran 1: Membiasakan Husnuzan, Raja’, dan Tobat
·       Membiasakan Husnuzan
·       Membiasakan Raja’
·       Membiasakan Tobat

Kegiatan Pembelajaran 2:
Menghindari Sifat Licik, Tamak, Zalim, dan Diskriminasi
·       Menghindari Sifat Licik
·       Menghindari Tamak
·       Menghindari Sikap Zalim
·       Menghindari Sikap Diskriminasi



Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan




Ulangan Tengah Semester

1.5     Menghayati akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit
2.5     Membiasakan akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit
3.5     Memahami  adab islami ketika membesuk orang sakit
4.5    Mempraktikkan contoh akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit.
Kegiatan Pembelajaran 1:
Keutamaan Menjenguk Orang Sakit
·       Hukum Menjenguk Orang Sakit
·       Keutamaan Menjenguk Orang Sakit
·       Hikmah Sakit

Kegiatan Pembelajaran 2:
Mengetahui Adab-adab Menjenguk Orang Sakit
·       Adab-adab Menjenguk Orang Sakit
·       Menjenguk Orang yang Sakit Keras



Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan




1.6     Menghayati akhlak utama dan keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
2.6     Meneladani akhlak utama dan keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
3.6     Menganalisis kisah keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
4.6    Mencerikatan kisah keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
Kegiatan Pembelajaran 1:
Mengetahui Tugas dan Sifat Rasul Allah
·       Tugas para Rasul
·       Sifat Wajib bagi Rasul

Kegiatan Pembelajaran 2:
Meneladani Ketabahan Rasul Ulul Azmi
·       Pengertian Rasul Ulul Azmi
·       Rasul-rasul Ulul Azmi
·       Meneladani Ketabahan Rasul Ulul Azmi



Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan

Ujian Akhir Madrasah


        Mengetahui,                                                                                                            .............., .............................
        Kepala Sekolah                                                                                                       Guru Mata Pelajaran



________________________                                                                                    ___________________________
NIP.                                                                                                                                   NIP.


Program Semester (PROMES)


Mata Pelajaran                   : Akidah Akhlak
Kelas                 : X
Tingkat Pendidikan             : MA
Tahun Ajaran   : ……..

Kompetensi inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.1    Menunjukkan sikap penolakan terhadap perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari.
2.1    Menghindari perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari.
3.1    Menganalisis perbuatan syirik dan macam-macam dan cara menghindarinya.
4.1    Menyajikan contoh praktik-praktik perbuatan syirik di masyarakat

Kegiatan Pembelajaran 1: Pengertian dan Macam-macam Syirik
·       Pengertian Syirik
·       Macam-macam Syirik
Kegiatan Pembelajaran 2:
Mari Menghindari Perbuatan Syirik
·       Bentuk-bentuk Perilaku Syirik
·       Bahaya Perbuatan Syirik
·       Cara Menghindari Perbuatan Syirik

























Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan

























1.2    Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami‘, al-‘Adl, an-Nafi‘, al-Basit, al-Hafiz dan al-Akhir.
2.2    Membiasakan diri untuk meneladani sifat Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami‘, al-‘Adl, an-Nafi‘, al-Basit, al-Hafiz dan al-Akhir.
3.2    Menganalisis makna 10 Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami‘, al-‘Adl, an-Nafi‘, al-Basit, al-Hafiz dan al-Akhir.
4.2    Menghafalkan lafal-lafal Asmaul Husna.

Kegiatan Pembelajaran 1: Memahami dan Menghayati Asmaul Husna Allah
·       Arti Asmaul Husna Allah
·       Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al-Matin, dan Al-Jami‘
·       Al-‘Adl, An-Nafi‘, Al-Basit, Al-Hafiz, dan Al-Akhir.
Kegiatan Pembelajaran 2:
Meneladani Asmaul Husna Allah
·       Meneladani Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al-Matin, dan Al-Jami‘
·       Meneladani Al-‘Adl, An-Nafi‘, Al-Basit, Al-Hafiz, dan Al-Akhir.


























Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan


























1.3    Menghayati perilaku husnuzzan, raja‘,  dan tobat
1.4    Menunjukkan sikap penolakan terhadap perilaku licik, tamak, dzalim dan diskriminasi
2.3    Terbiasa berperilaku husnuzzan, raja‘, dan tobat
2.4    Menghindari perilaku licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
3.3    Memahami pengertian dan pentingnya memiliki akhlak husnuzzan, raja‘, dan tobat
3.4    Memahami pengertian dan pentingnya menghindari licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
4.3    Melafalkan doa-doa tobat dari Al-Qur’an dan hadis
4.4    Menceritakan bahaya dari akhlak tercela licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
Kegiatan Pembelajaran 1: Membiasakan Husnuzan, Raja’, dan Tobat
·       Membiasakan Husnuzan
·       Membiasakan Raja’
·       Membiasakan Tobat

Kegiatan Pembelajaran 2:
Menghindari Sifat Licik, Tamak, Zalim, dan Diskriminasi
·       Menghindari Sifat Licik
·       Menghindari Tamak
·       Menghindari Sikap Zalim
·       Menghindari Sikap Diskriminasi

























Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan


























Ulangan Tengah Semester


























1.5    Menghayati akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit
2.5    Membiasakan akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit
3.5    Memahami  adab islami ketika membesuk orang sakit
4.5    Mempraktikkan contoh akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit.
Kegiatan Pembelajaran 1:
Keutamaan Menjenguk Orang Sakit
·       Hukum Menjenguk Orang Sakit
·       Keutamaan Menjenguk Orang Sakit
·       Hikmah Sakit

Kegiatan Pembelajaran 2:
Mengetahui Adab-adab Menjenguk Orang Sakit
·       Adab-adab Menjenguk Orang Sakit
·       Menjenguk Orang yang Sakit Keras

























Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan

























1.6    Menghayati akhlak utama dan keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
2.6    Meneladani akhlak utama dan keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
3.6    Menganalisis kisah keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
4.6    Mencerikatan kisah keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
Kegiatan Pembelajaran 1:
Mengetahui Tugas dan Sifat Rasul Allah
·       Tugas para Rasul
·       Sifat Wajib bagi Rasul

Kegiatan Pembelajaran 2:
Meneladani Ketabahan Rasul Ulul Azmi
·       Pengertian Rasul Ulul Azmi
·       Rasul-rasul Ulul Azmi
·       Meneladani Ketabahan Rasul Ulul Azmi

























Evaluasi dan Penilaian
·         Penilaian Kompetensi Sikap
·         Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·         Penilaian Kompetensi Keterampilan

























Ujian Akhir Madrasah




























        Mengetahui,                                                                                                                                                  .............., ..........................................
        Kepala Sekolah                                                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran


        ________________________                                                                                                          ______________________________
NIP.                                                                                                                                                                NIP.


Related : PERANGKAT PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MADRASAH ALIYAH AL KAROMAH

0 Komentar untuk "PERANGKAT PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MADRASAH ALIYAH AL KAROMAH"