PERANGKAT
PEMBELAJARAN
AKIDAH AKHLAK
MADRASAH
ALIYAH AL KAROMAH
Untuk
MA
Kelas
Disusun oleh :
Umi Hanifatul Jannah
Memuat
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Silabus
Promes
Prota
Program Tahunan (PROTA)
|
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
|
Kelas : X
|
Tingkat Pendidikan : MA
|
Tahun
Ajaran : ……/……
|
Kompetensi inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Semester
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
(…
x JP)
|
Keterangan
|
1
|
1.1
Meyakini kesempurnaan akidah Islam
1.2
Memiliki akidah yang kokoh dalam
kehidupan sehari-hari
1.3
Menganalsis akidah Islam dan
metode peningkatan kualitasnya
1.4
Mempraktikkan metode-metode
peningkatan kualitas iman/ akidah
Islam
|
Memahami
Akidah Islam
·
Pengertian Akidah
·
Dalil / Argumentasi dalam Akidah
·
Tujuan Akidah Islam
· Metode-Metode Peningkatan Kualitas Akidah
· Prinsip-Prinsip Akidah Islam
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian
Kompetensi Sikap
·
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
|
||||
1.2 Terbiasa bertauhid dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Terbiasa bertauhid dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Menganalisi konsep tauhiid dalam Islam
4.2 Menunjukkan contoh prilaku bertauhid dalam Islam
|
Ayo Bertauhid
· Mengimani Sifat-Sifat Wajib Allah
· Mengimani Sifat Jaiz dan Sifat Mustahil
Allah
·
Pengertian Tauhid
·
Nama-Nama Ilmu Tauhid
·
Ruang Lingkup Tauhid
·
Macam-Macam Tauhid
·
Memahami Makna Kalimat Tauhid
·
Hikmah dan Manfaat Bertauhid
·
Bahaya Tidak Bertauhid .......
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian Kompetensi Sikap
·
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian Kompetensi Keterampilan
|
||||
1.3 Menghayati akhlak Islam dan metode peningkatan
kualitasnya
2.3 Terbiasa menerapkan metode-metode peningkatan kualitas
akhlak dalam
kehidupan
3.3 Menganalisis akhlak Islam dan metode peningkatan
kualitasnya
4.3 Mempraktikkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak
dalam Islam
|
Menjadi Hamba
Allah yang Berakhlak
·
Pengertian Akhlak
·
Macam-Macam Akhlak
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian Kompetensi Sikap
·
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian Kompetensi Keterampilan
|
||||
Ulangan Tengah Semester
|
||||
1.4 Menghayati nilai akhlak
terpuji (hikmah, iffah, syaja‘ah dan ‘adalah)
2.4 Membiasakan akhlak-akhlak (hikmah, iffah, syaja‘ah dan
‘adalah)
dalam kehidupan
3.4 Menganalisis induk-induk akhlak terpuji (hikmah, iffah,
syaja‘ah dan
‘adalah)
4.4 Mempraktikan contoh akhlak yang baik (hikmah, iffah,
syaja‘ah dan
‘adalah)
|
Memahami Induk-induk
Akhlak Terpuji
·
Induk-Induk Akhlak Terpuji
·
Menggali Hikmah Kehidupan
·
Membiasakan Sikap Iffah
·
Mengembangkan Sikap Syaja’ah
·
Menegakkan Sikap
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian Kompetensi Sikap
·
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian Kompetensi Keterampilan
|
||||
1.5 Menunjukkan sikap penolakan terhadap akhlak tercela
(hubbud-dunya,
hasad, takabur/ujub, riya’)
2.5 Menghindarkan diri dari sifat-sifat buruk
(hubbud-dun-ya, hasad, takabur/ujub,
riya’)
3.5 Menganalisis induk-induk akhlak tercela (hubbud-dun-ya,
hasad,
takabur/ujub, riya’)
4.5 Menunjukkan contoh-contoh akhlak tercela
(hubbud-dun-ya, hasad,
takabur/ujub, riya’)
|
Ayo Kita
Pelajari Induk-induk Akhlak Tercela
·
Hubbu ad-Dunya
·
Hasad
·
Takabbur-Ujub
·
Riya'
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian Kompetensi Sikap
·
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian Kompetensi Keterampilan
|
||||
1.6 Menghayati makna syukur, qana‘ah, rida, dan sabar
2.6 Terbiasa bersyukur, qana‘ah, rida, dan sabar dalam
kehidupan
3.6 Menganalisis makna syukur, qana‘ah, rida, dan sabar
4.6 Menunjukkan contoh perilaku bersyukur, qana‘ah, rida,
dan sabar
|
Alangkah
Bahagianya Jika Kita Bersyukur,
Qana’ah,
Ridla dan Sabar
·
Syukur
·
Qona’ah
·
Ridha dan Sabar
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian Kompetensi Sikap
·
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian Kompetensi Keterampilan
|
||||
1.7 Menghayati adab kepada orang tua dan guru
2.7 Terbiasa
berakhlak terpuji kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
3.7 Memahami adab kepada orang tua dan guru
4.7 Mensimulasikam adab kepada orang tua dan guru
|
Ayo Kita
Hormati Orang Tua dan Guru Kita
·
Adab Terhadap Orang Tua
·
Adab Terhadap Guru
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian Kompetensi Sikap
·
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian Kompetensi Keterampilan
|
||||
1.8
Menghayati kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
2.8 Meneladani sifat-sifat utama Nabi Yusuf a.s.
3.8 Menganalisis kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
4.8 Menyajikan sinopsis kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
|
Kisah Teladan
Nabi Yusuf A.S
·
Saudara-saudara Yusuf melakukan pertemuan rahasia
·
Nabi Yusuf bermimpi
·
Yusuf dimasukkan ke dalam sumur
·
Yusuf dijual-beli sebagai hamba sahaya
·
Yusuf dan godaan Zulaikha
·
Yusuf dalam penjara
·
Yusuf dibebaskan dari penjara
·
Yusuf diangkat sebagai wakil raja Mesir
·
Pertemuan Yusuf dengan saudara-saudaranya
·
Pertemuan kembali keluarga Ya’qub
·
Ibrah atau pelajaran yang didapat dari kisah Nabi Yusuf a.s.
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian Kompetensi Sikap
·
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian Kompetensi Keterampilan
|
||||
|
Ulangan Semester
|
|||
2
|
1.1
Menunjukkan sikap penolakan terhadap
perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari.
2.1
Menghindari perbuatan syirik dalam
kehidupan sehari-hari.
3.1
Menganalisis perbuatan syirik dan
macam-macam dan cara menghindarinya.
4.1
Menyajikan contoh praktik-praktik
perbuatan syirik di masyarakat
|
Kegiatan Pembelajaran
1: Pengertian dan Macam-macam Syirik
· Pengertian
Syirik
· Macam-macam Syirik
Kegiatan
Pembelajaran 2:
Mari
Menghindari Perbuatan Syirik
· Bentuk-bentuk Perilaku Syirik
· Bahaya Perbuatan Syirik
· Cara Menghindari Perbuatan Syirik
|
|
|
|
Evaluasi
dan Penilaian
·
Penilaian Kompetensi Sikap
·
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian Kompetensi Keterampilan
|
|||
|
1.2
Menghayati nilai-nilai yang
terkandung dalam 10 Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin,
al-Jami‘, al-‘Adl, an-Nafi‘, al-Basit, al-Hafiz dan al-Akhir.
2.2
Membiasakan diri untuk meneladani
sifat Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami‘,
al-‘Adl, an-Nafi‘, al-Basit, al-Hafiz dan al-Akhir.
3.2
Menganalisis makna 10 Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin,
al-Jami‘, al-‘Adl, an-Nafi‘, al-Basit, al-Hafiz dan al-Akhir.
4.2
Menghafalkan lafal-lafal Asmaul
Husna.
|
Kegiatan
Pembelajaran 1: Memahami dan Menghayati Asmaul Husna Allah
· Arti Asmaul Husna Allah
· Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al-Matin, dan Al-Jami‘
· Al-‘Adl, An-Nafi‘, Al-Basit, Al-Hafiz, dan Al-Akhir.
Kegiatan
Pembelajaran 2:
Meneladani
Asmaul Husna Allah
· Meneladani Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al-Matin, dan Al-Jami‘
· Meneladani Al-‘Adl, An-Nafi‘, Al-Basit, Al-Hafiz, dan Al-Akhir.
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian Kompetensi Sikap
·
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian Kompetensi Keterampilan
|
|
|
|
|
1.3 Menghayati perilaku husnuzzan, raja‘, dan tobat
1.4 Menunjukkan sikap penolakan terhadap perilaku licik, tamak,
dzalim dan diskriminasi
2.3 Terbiasa berperilaku husnuzzan, raja‘, dan
tobat
2.4 Menghindari perilaku licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
3.3
Memahami pengertian dan pentingnya memiliki akhlak husnuzzan, raja‘, dan tobat
3.4 Memahami pengertian dan pentingnya
menghindari licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
4.3 Melafalkan doa-doa tobat dari Al-Qur’an dan
hadis
4.4
Menceritakan bahaya dari akhlak tercela licik, tamak,
zalim, dan diskriminasi
|
Kegiatan
Pembelajaran 1: Membiasakan Husnuzan, Raja’, dan Tobat
· Membiasakan Husnuzan
· Membiasakan Raja’
· Membiasakan Tobat
Kegiatan
Pembelajaran 2:
Menghindari
Sifat Licik, Tamak, Zalim, dan Diskriminasi
· Menghindari Sifat Licik
· Menghindari Tamak
· Menghindari Sikap Zalim
· Menghindari Sikap Diskriminasi
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian Kompetensi Sikap
·
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian Kompetensi Keterampilan
|
|
|
|
|
Ulangan
Tengah Semester
|
|||
|
1.5
Menghayati akhlak (adab)
yang baik ketika membesuk orang sakit
2.5
Membiasakan
akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit
3.5
Memahami adab islami ketika membesuk orang sakit
4.5 Mempraktikkan contoh akhlak (adab) yang baik ketika membesuk
orang sakit.
|
Kegiatan
Pembelajaran 1:
Keutamaan
Menjenguk Orang Sakit
· Hukum Menjenguk Orang Sakit
· Keutamaan Menjenguk Orang Sakit
· Hikmah Sakit
Kegiatan
Pembelajaran 2:
Mengetahui
Adab-adab Menjenguk Orang Sakit
· Adab-adab Menjenguk Orang Sakit
· Menjenguk Orang yang Sakit Keras
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian Kompetensi Sikap
·
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian Kompetensi Keterampilan
|
|
|
|
|
1.6
Menghayati
akhlak utama dan keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
2.6
Meneladani
akhlak utama dan keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
3.6
Menganalisis
kisah keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
4.6 Mencerikatan kisah keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
|
Kegiatan Pembelajaran 1:
Mengetahui
Tugas dan Sifat Rasul Allah
· Tugas para Rasul
· Sifat Wajib bagi Rasul
Kegiatan Pembelajaran 2:
Meneladani
Ketabahan Rasul Ulul Azmi
· Pengertian Rasul Ulul Azmi
· Rasul-rasul Ulul Azmi
· Meneladani Ketabahan Rasul Ulul Azmi
|
|
|
|
Evaluasi
dan Penilaian
·
Penilaian Kompetensi Sikap
·
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian Kompetensi Keterampilan
|
|||
|
Ujian
Akhir Madrasah
|
Mengetahui, .............., .............................
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
________________________ ___________________________
NIP. NIP.
Program Semester
(PROMES)
|
Mata Pelajaran :
Akidah Akhlak
|
Kelas : X
|
Tingkat Pendidikan : MA
|
Tahun
Ajaran : ……..
|
Kompetensi inti
1.
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
3.
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
4.
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.1
Menunjukkan sikap penolakan terhadap
perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari.
2.1
Menghindari perbuatan syirik dalam
kehidupan sehari-hari.
3.1
Menganalisis perbuatan syirik dan
macam-macam dan cara menghindarinya.
4.1
Menyajikan contoh praktik-praktik
perbuatan syirik di masyarakat
|
Kegiatan
Pembelajaran 1: Pengertian dan Macam-macam Syirik
· Pengertian
Syirik
· Macam-macam Syirik
Kegiatan
Pembelajaran 2:
Mari
Menghindari Perbuatan Syirik
· Bentuk-bentuk Perilaku Syirik
· Bahaya Perbuatan Syirik
· Cara Menghindari Perbuatan Syirik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian Kompetensi Sikap
·
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian Kompetensi Keterampilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2
Menghayati nilai-nilai yang
terkandung dalam 10 Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin,
al-Jami‘, al-‘Adl, an-Nafi‘, al-Basit, al-Hafiz dan al-Akhir.
2.2
Membiasakan diri untuk meneladani
sifat Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami‘,
al-‘Adl, an-Nafi‘, al-Basit, al-Hafiz dan al-Akhir.
3.2
Menganalisis makna 10 Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin,
al-Jami‘, al-‘Adl, an-Nafi‘, al-Basit, al-Hafiz dan al-Akhir.
4.2
Menghafalkan lafal-lafal Asmaul
Husna.
|
Kegiatan
Pembelajaran 1: Memahami dan Menghayati Asmaul Husna Allah
· Arti Asmaul Husna Allah
· Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al-Matin, dan Al-Jami‘
· Al-‘Adl, An-Nafi‘, Al-Basit, Al-Hafiz, dan Al-Akhir.
Kegiatan
Pembelajaran 2:
Meneladani
Asmaul Husna Allah
· Meneladani Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al-Matin, dan Al-Jami‘
· Meneladani Al-‘Adl, An-Nafi‘, Al-Basit, Al-Hafiz, dan Al-Akhir.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian Kompetensi Sikap
·
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian Kompetensi Keterampilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Menghayati perilaku husnuzzan, raja‘, dan tobat
1.4 Menunjukkan sikap penolakan terhadap perilaku licik, tamak,
dzalim dan diskriminasi
2.3 Terbiasa berperilaku husnuzzan, raja‘, dan
tobat
2.4 Menghindari perilaku licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
3.3
Memahami pengertian dan pentingnya memiliki akhlak husnuzzan, raja‘, dan tobat
3.4 Memahami pengertian dan pentingnya
menghindari licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
4.3 Melafalkan doa-doa tobat dari Al-Qur’an dan
hadis
4.4 Menceritakan bahaya dari akhlak tercela
licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
|
Kegiatan
Pembelajaran 1: Membiasakan Husnuzan, Raja’, dan Tobat
· Membiasakan Husnuzan
· Membiasakan Raja’
· Membiasakan Tobat
Kegiatan
Pembelajaran 2:
Menghindari
Sifat Licik, Tamak, Zalim, dan Diskriminasi
· Menghindari Sifat Licik
· Menghindari Tamak
· Menghindari Sikap Zalim
· Menghindari Sikap Diskriminasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian Kompetensi Sikap
·
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian Kompetensi Keterampilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Tengah Semester
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.5
Menghayati akhlak (adab)
yang baik ketika membesuk orang sakit
2.5
Membiasakan
akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit
3.5
Memahami adab islami ketika membesuk orang sakit
4.5 Mempraktikkan
contoh akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit.
|
Kegiatan
Pembelajaran 1:
Keutamaan
Menjenguk Orang Sakit
· Hukum Menjenguk Orang Sakit
· Keutamaan Menjenguk Orang Sakit
· Hikmah Sakit
Kegiatan
Pembelajaran 2:
Mengetahui
Adab-adab Menjenguk Orang Sakit
· Adab-adab Menjenguk Orang Sakit
· Menjenguk
Orang yang Sakit Keras
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian Kompetensi Sikap
·
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian Kompetensi Keterampilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.6
Menghayati
akhlak utama dan keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
2.6
Meneladani
akhlak utama dan keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
3.6
Menganalisis
kisah keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
4.6 Mencerikatan
kisah keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
|
Kegiatan Pembelajaran 1:
Mengetahui
Tugas dan Sifat Rasul Allah
· Tugas para Rasul
· Sifat Wajib bagi Rasul
Kegiatan Pembelajaran 2:
Meneladani
Ketabahan Rasul Ulul Azmi
· Pengertian Rasul Ulul Azmi
· Rasul-rasul Ulul Azmi
· Meneladani
Ketabahan Rasul Ulul Azmi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Evaluasi dan Penilaian
·
Penilaian Kompetensi Sikap
·
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
·
Penilaian Kompetensi Keterampilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ujian
Akhir Madrasah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ..............,
..........................................
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
________________________ ______________________________
NIP. NIP.
0 Komentar untuk "PERANGKAT PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MADRASAH ALIYAH AL KAROMAH"