MAKALAH
PERIPHERAL JARINGAN KOMPUTER TERAPAN
Disusun
Oleh :
Nama
: Vloreta Puja Kunjayana
Kelas
: XI TKJ C
No.
Absen : 34
SMK
PGRI 1 NGAWI
Tahun
2018
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa, yang mana telah member rahmad dan
hidayahnya kepada kita semua yaitu dalam menyelesaikan makalah “Peripheral
Jaringan Komputer Terapan” ini dengan lancar tanpa halangan dan rintangan.
Shalawat serta salam semoga tercurahkan
kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman jahiliah ke dalam
alam yang benderang seperti pada saat ini.
Yang telah memberikan baik secara material maupun
spiritual sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
Akhirnya
penyusun sampaikan bahwa makalah ini
jauh dari sempurna, maka saran dan kritik yang kontributif sangat penyusun
harapkan agar terciptanya laporan yang lebih sempurna.
Akhirnya sampai disini,
semoga laporan ini dapat bermanfaat. Amin...
Ngawi, 12 Maret 2018
Penyusun
DAFTAR
ISI
Halaman Judul ............................................................................................................. i
Kata Pengantar ............................................................................................................ ii
Daftar Isi ...................................................................................................................... iii
BAB I Sitem Komputer Minimal ............................................................................... 1
I.
Pengertian Komputer
terapan jaringan ...................................................... 1
II.
Bagan sistem
komputer minimal. .............................................................. 1
III.
Fungsi tiap bagian
bagan sistem komputer minimal ................................ 1
IV.
Macam dan jenis
komputer terapan jaringan, berdasarkan ....................... 1
BAB II Kinerja Jaringan Komputer ............................................................................ 6
BAB III Periheral- Periheral
Jaringan pada Komputer Terapan ................................. 13
A.
SPI Control Register
(SPCR) .................................................................... 15
B.
SPI Status Register
(SPSR) ....................................................................... 16
C.
SPI Data Register
(SPDR) ......................................................................... 16
BAB I
Sistem Komputer
Minimal
I. Pengertian
komputer terapan jaringan .
Komputer terapan jaringan adalah
sekelompok computer rekayasa(terapan) yang
saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protocol komunikasi
melalui mediakomunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi,
program-program, penggunaan bersama perangkat keras dengan tujuan membawa
informasi secara cepat dan tepat dari sisi pengirim (Transmitter) menuju ke
sisi penerima (Receiver).
II. Bagan sistem komputer
minimal.
III. Fungsi tiap
bagian bagan sistem komputer minimal.
Pemroses (processor) - Berfungsi mengendalikan operasi
komputer & melakukan fungsi pemrosesan data.
a. Memori Utama - Berfungsi menyimpan data &
program. Biasanya volatile : tidak dapat mempertahankan data &
program yang disimpan bila sumber daya energy (listrik) dihentikan.
b. Perangkat masukan dan keluaran - Berfungsi
memindahkan data antara computer & lingkungan eksternal yaitu : perangkat
penyimpan sekunder, perangkat komunikasi, terminal, dsb
c. Interkoneksi antarkomponen (bus) - adalah
struktur & mekanisme untuk menghubungkan pemroses, memori utama, &
perangkat masukan/keluaran.
IV. Macam dan jenis
komputer terapan jaringan, berdasar-kan:
a. Fungsi alat.
Ø Jaringan
nirkabel(Wi-Fi)
Wireless
adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan
telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti
kabel. Wireless LAN menggunakan gelombang elektromagetik (radio dan infra
merah) untuk melakukan komunikasi data menyalurkan data dari satu point ke
point yang lain tanpa melalui fasilitas fisik. Koneksi ini menggunakan
frekuensi tertentu untuk menyalurkan data tersebut, kebanyakan Wireless LAN
menggunakan frekuensi 2,4 GHz.
Kelebihan dan Kekurangan Wirelles :
Kelebihan :
1. Pemeliharaan murah
2. Infrastruktur berdimensi kecil
3. Pembangunan cepat
4. Mudah dan murah untuk direlokasi dan mendukung
portabilitas
5. Koneksi internet akses 24 jam
6. Akses internet yang cepat
7. Bebas tanpa pulsa telepon
8. Ramah lingkungan10.Memungkinkan menjangkau tempat
yang sulit
secara geografis.
Kekurangan
:
1. Biaya peralatan mahal
2. Delay yang sangat besar
3. Kesulitan karena masalah propagasi radio
4. Keamanan data
5. Kapasitas jaringan karena keterbatasan spectrum
6. Rentan terhadap noice
Ø Jaringan
Berkabel (Wired Network)
Wire
Network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai
mediapenghantar. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakanbahan sejenis fiber
optic atau serat optik. Biasanya bahan tembaga banyak digunakan pada LAN.
Kelebihan dan Kekurangan jaringan Berkabel :
Kelebihan:
1. Tidak rentan terhadap penyadapan data dibanding
teknologi wireless.
2. Dengan Kabel, kecepatan yang dikutip dalam Mbps
(ke bawah atau ke
atas).
Kekurangan :
1. Attenuasi meningkat pada frekuensi tinggi.
2. Pada frekuensi tinggi, keseimbangan menurun
sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulnya acoecrosstalka dan sinyal
acoenoisea
b. Alat koneksi.
Ø Client-Server
Client-Server adalah arsitektur
jaringan yang memisahkan client (biasanya aplikasi yang menggunakan GUI) dengan
server. Masing-masing client dapat meminta data atau informasi dari server.
Sistem client server didefinisikan sebagai sistem terdistribusi.
Ø Peer
to Peer
Peer To Peer adalah jaringan
komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara
bersamaan. pengertian yang lebih tepat mengenai peer to peer (p2p) adalah
sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai
client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan
pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time).
Ø Hybrid
Network
Hybrid Network adalah Network yang
dibentuk dari berbagai Topologi (seperrti dan Teknologi. Sebuah Hybrid Network
mungkin sebagai contoh, diakibatkan oleh sebuah pengambilan alihan suatu
perusahaan. Sehingga, ketika di gabungkan maka teknologi-teknologi yang berbeda
tersebut harus digabungkan dalam network Tunggal. Sebuah Hybrid metwork
memiliki semua Karakteristik dari topologi yang terdapat dalam jaringan
tersebut.
c. Ukuran.
Ø LAN
Local Area Network
biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup
wilayah kecil; seperti jaringan computer kampus, gedung, kantor, dalam rumah,
sekolah atau yang lebih kecil. Saat
ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan
perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000
Mbit/s.
Selain teknologi
Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering
digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan
teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot. LAN mempunyai karakteristik sebagai
berikut :
1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang
disewa dari operator telekomunikasi
Ø MAN
Metropolitan area
network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan
transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti
kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN.
Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km
Ø WAN
WAN adalah singkatan
dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network
merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu
jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat
didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan
saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal
yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di
lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi
yang lain.
Ø INTERNET
Internet dapat
diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan
pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di
dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga
yang dinamis dan interaktif.
d. Interkoneksi
berdasarkan jarak antar node.
Jarak
antar computer
|
Lokasi
/ area
|
Jenis
jaringan
|
1 - 10 m
|
Ruangan
|
LAN
|
100 -< 1 km
|
Gudang perkantoran
|
LAN
|
1 – 10 Km
|
Kota
|
MAN
|
10 -< 100 km
|
Kabupaten, provinsi
|
MAN
|
ð 100 km
|
Negara
|
WAN
|
ð 1000 km
|
Benua
|
WAN
|
ð 10.000 km
|
Planet
|
Internet
|
BAB II
KINERJA JARINGAN KOMPUTER
1. Fungsi spesifik
piranti pendukung jaringan komunikasi data
A. Hardware
Pendukung Jaringan Internet :
1. Modem
- Adalah alat komunikasi dua arah agar dapat
berhubungan dengan ISP (Internet Service Provider
- penyedia jasa internet) yang memberikan akses
berkecepatan tinggi ke internet melalui jaringan kabel televisi.
2. HUB
- Untuk menghubungkan antar segmen dalam jaringan.
Bekerja pada level fisik (layer pertama) dari model referensi OSI.
- Hub bertugas mengkoneksikan setiap node agar
terhubung dengan sebuah backbone utama dalam proses transmisi data.
3. Router
- Alat jaringan komputer yang mengirimkan paket
data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya.
- Sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan
untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.
- Router berbeda dengan switch. Switch merupakan
penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
4. Kartu Jaringan (NIC)
- Sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan
komputer. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan
lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up
Adapter.
- Berfungsi untuk mengubah aliran data paralel
dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di
atas media jaringan.
B. Software
Pendukung Jaringan Internet
1. Sistem operasi
Sistem operasi jaringan untuk menangani jaringan.
beberapa layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS
Service, HTTP Service, dan lain sebagainya.Sistem operasi jaringan yang umum
dijumpai adalah sebagai berikut:
- Microsoft MS-NET
- Microsoft LAN Manager
- Novell NetWare
- Microsoft Windows NT Server
- GNU/Linux
- Banyan VINES
- Varian UNIX, seperti SCO OpenServer, Novell
UnixWare, atau Solaris
2. Web browser
a. Internet Explorer (IE)
Internet Explorer adalah sebuah browser web proprieter
yang gratis dari Microsoft dan paling banyak digunakan. Kelemahan utama IE
adalah pada masalah security (tidak aman).
b. Mozilla Firefox
Firefox dari Mozilla Corporation adalah freeware yang
memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan IE, mudah dikustomisasi
sesuai kebutuhan pengguna.
c. Opera
Kelebihan browser Opera adalah mampu menampilkan halaman
web lebih cepat, dengan kecepatan koneksi yang sama dibanding browser lain.
d. Google Chrome
Google melancarkan web browser dengan meluncurkan Chrome,
sebuah web browser baru yang diklaim memiliki terobosan baru dalam kecepatan,
kemudahan penggunaan, serta integrasi yang baik dengan aplikasi berbasis web.
e. Lunascape
Lunascape, sebuah browser baru yang mampu menangani tiga
redenring engine terbesar, yakni Firefox Gecko, Internet Explorer Trident dan
WebKit, yang bisa digunakan di Safari dan Chrome.
f. Safari
Safary adalah browser milik Apple. Apple memasang Nitro
Engine untuk menggenjot kecepatan Safari 4. Nitro Engine adalah mesin
JavaScript super cepat yang digunakan untuk melipatgandakan kemampuan
JavaScript pada browser Safari sampai 30 kali lipat lebih cepat.
2. Piranti
Penyimpan dan Penyedia Data :
1. Hard disk
alat penyimpanan data sekunder kapasitas besar dan
bervariasi, serta memiliki interface yang berbeda sesuai teknologi. Fungsi
utama untuk meyimpaan system operasi dan aplikasi yang ada. Namun juga ada hard
disk eksternal yang fungsinya untuk menyimpan data tetapi lebih portable karena
menggunakan interface USB.
2. Flashdisk
merupakan media penyimpan data dengan kapasitas kecil, berfungsi sebagai alat bootable media sistem operasi komputer karena dapat diganti sesuai keperluan dan tidak terbatas. Namun flashdisk dapat disalah fungsikan, yaitu untuk menyebarkan virus untuk menyerang computer dan mencuri data.
merupakan media penyimpan data dengan kapasitas kecil, berfungsi sebagai alat bootable media sistem operasi komputer karena dapat diganti sesuai keperluan dan tidak terbatas. Namun flashdisk dapat disalah fungsikan, yaitu untuk menyebarkan virus untuk menyerang computer dan mencuri data.
3. Floppy Disk
adalah alat penyimpanan yang berbentuk persegi atau
persegi panjang dengan daya penyimpanan sebesar 1,44 MB. Fungsionalitas sebagai
penyimpan data portable pada masanya floppy disk hanya cukup menampung beberapa
file saja. Disket juga berfungsi sebagai media untuk menjalankan OS DOS.
4. CD
adalah sebuah media penyimpanan optical yang paling awal muncul, mempunyai diameter luar 120 mm dan diameter 15 mm, serta pembacaan dan penulisaan data pada piringannya menggunakan laser. Kapasitas dari CD pada umumnya adalah sebesar 750 MB. kebebanyakan digunakan untuk menyimpan data berupa music, gambar, dan video.
adalah sebuah media penyimpanan optical yang paling awal muncul, mempunyai diameter luar 120 mm dan diameter 15 mm, serta pembacaan dan penulisaan data pada piringannya menggunakan laser. Kapasitas dari CD pada umumnya adalah sebesar 750 MB. kebebanyakan digunakan untuk menyimpan data berupa music, gambar, dan video.
5. DVD
merupakan media penyimpanan optical setelah CD, yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu pada umumnya 4,7 GB, tetapi ada juga yang mempunyai kapasitas sebesar 17GB. Pada umunya media DVD digunakan untuk instalasi OS, walaupun begitu DVD juga berfungsi sama seperti CD.
merupakan media penyimpanan optical setelah CD, yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu pada umumnya 4,7 GB, tetapi ada juga yang mempunyai kapasitas sebesar 17GB. Pada umunya media DVD digunakan untuk instalasi OS, walaupun begitu DVD juga berfungsi sama seperti CD.
6. Blue Ray
versi selanjutnya dari CD dan DVD yaitu Blue Ray yang
merupakan upgrade atau pengembangan dari CD dan DVD. Kapasitasnya juga tentu
jauh lebih besar yaitu sekita 50GB. Bluray dipasaran kebanyakan digunakan untuk
penyimpanan film/video.
7. RAM
adalah memori yang berfungsi untuk menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan. Perintah data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk, data-data yang dimasukkan melalui alat input komputer, dan juga data-data hasil pemrosesan sebuah program.
adalah memori yang berfungsi untuk menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan. Perintah data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk, data-data yang dimasukkan melalui alat input komputer, dan juga data-data hasil pemrosesan sebuah program.
8. Cache Memory
merupakan media penyimpanan data sekunder berkecepatan
tinggi, dimana tempat menyimpan data atau informasi sementara yang sering
digunakan atau diakses oleh komputer.
Fungsi Cache Memory
- Mempercepat Akses data pada computer
- Meringankan kerja prosessor
- Menjembatani perbedaan kecepatan antara cpu dan
memory utama.
- Mempercepat kinerja memory
9. ROM
Umumnya ROM tidak dapat diubah oleh sembarang pihak, karena ROM hanya dapat diakses dengan software tertentu dalam pengisiannya. Biasanya, data atau program yang tertulis pada ROM diisi oleh pabrik yang membuatnya. Umumnya ROM digunakan untuk menyimpan firmware, yaitu perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat keras.
Umumnya ROM tidak dapat diubah oleh sembarang pihak, karena ROM hanya dapat diakses dengan software tertentu dalam pengisiannya. Biasanya, data atau program yang tertulis pada ROM diisi oleh pabrik yang membuatnya. Umumnya ROM digunakan untuk menyimpan firmware, yaitu perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat keras.
C. Kartu Antar
Muka Jaringan
Kartu antarmuka jaringan (Network Interface
Card=NIC) menyediakan hubungan secara fisik antara jaringan dan komputer
workstation.
Tiga
macam NIC yang umum digunakan adalah kartu Ethernet, Konektor Local Talk, dan
kartu antar muka jaringan Token Ring. Dari ketiga macam kartu antar muka
jaringan tadi, kartu Ethernet adalah yang paling populer, diikuti oleh Token
Ring dan Local Talk.
a. Ethernet Card
Kartu Ethernet menyediakan sambungan untuk coaxial dan
kabel twisted pair.Apabila dirancang untuk kabel coaxial, sambungannya berupa
BNC. Apabila dirancang untuk kabel twisted pair, sambungannya berupa RJ-45.
b. Token Ring Card
Kartu Token Ring persis seperti Ethernet. Satu bagian
yang membedakan adalah tipe konektor di kartu antar muka tersebut. Kartu Token
Ring umumnya mempunyai tipe konektor sembilan pin DIN yang terletak pada kartu.
D. Konsentrator Ethernet :
adalah perangkat untuk menyatukan kabel – kabel jaringan
dari setiap workstation , server atau perangkat dalam sebuah jaringan komputer.
Jenis – jenis konsentrator yang umumnya digunakan adalah
:
· Hub atau Repeater
Hub tidak mengatur alur jalannya data dijaringan, setiap
packet data yang melewati Hub akan dikirim (broadcast) ke semua port yang ada
sehingga packet data tersebut sampai ke tujuan. Hal tersebut dapat
membuat hub menjadi collisions dan memperlambat jaringan.
· Switch
Switch adalah perangkat keras yang memungkinkan
terjadinya distribusi packet data antar komputer dalam jaringan dan mampu untuk
mengenali topologi jaringan di banyak layer sehingga packet data dapat langsung
sampai ke tujuan.
· Bridge
Bridge adalah jenis konsentrator yang berfungsi untuk
menghubungkan jaringan yang menggunakan transmisi berbeda. Bridge juga dapat
menghubungkan jaringan yang menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun
topologi yang berbeda. Bridge juga dapat mengetahui alamat setiap client yang
terhubung pada jaringan.
· Router
Router adalah jenis konsentrator yang dikhusus kan untuk
menangani koneksi antar dua atau lebih jaringan yang terhubung melalui packet
switching. Router bekerja dengan melihat alamat asal dan alamat tujuan dari
paket yang melewatinya dan memutuskan rute yang akan dilewati paket tersebut
untuk sampai ke tujuan.
E. Printer server
Printer
server adalah alat yang dapat digunakan untuk mengakses printer atau gadget
lain (scanner, external hard drive, flash drive, memory card reader, USB
Webcam, USB Speaker) dari komputer mana saja tanpa harus ada komputer yang bertindak
sebagai server. Didesain untuk berbagi USB dengan seluruh jaringan (Print LAN)
di rumah maupun di kantor.
F. Titik akses nirkabel
adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah
transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients
remote. Biasanya tersambung ke suatu router yang meneruskan data antara
berbagai peranti nirkabel dengan jaringan berkabel pada suatu jaringan.
Sehingga berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, memungkinkan banyak
Client dapat saling terhubung melalui jaringan.
BAB III
Peripheral –
peripheral Jaringan pada Komputer Terapan
1. Pengertian
Peripheral
Peripheral
adalah hardware tambahan yang disambungkan ke computer, biasanya dengan bantuan
kabel ataupun perangkat peripheral wireless.Peripheral ini bertugas membantu
computer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang
sudah terpasang didalam casing.
Peripheral utama (main peripheral)
Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan
komputer. Contoh : monitor,keyboard dan mouse.
Peripheral pendukung (auxillary peripheral)
Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan
computer tetapi diperlukan unutk kegiatan tertentu. Contoh : printer,modem, web
cam dll.
Sedangkan
berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian computer terbagi
menjadi:
a. Perangkat masukan (input)
v Adalah
perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.
Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera
digital, microphone, dan periferal lainnya
b. Perangkat keluaran (output)
v Adalah
peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau
perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor,
printer, plotter, speaker, dan lain lainnya.
2. UART (Universal
Asincrhounus Recivier transmiter)
adalah bagian
perangkat keras komputer yang menerjemahkan antara bit-bit paralel data dan
bit-bit serial. Biasanya berupa sirkuit terintegrasi yang digunakan untuk
komunikasi serial pada komputer atau port serial perangkat periperal. Termasuk
di dalam beberapa mikrokontroler.
Tipe-tie UART
1. 8250 UART pertama pada seri ini. Tidak memiliki
register scratch, versi 8250A merupakan versi perbaikan dari 8250 yang mampu
bekerja dengan lebih cepat;
2. 8250A UART ini lebih cepat dibandingkan dengan
8250 pada sisi bus. Lebih mirip secara perangkat lunak dibanding 16450;
3. 8250B Sangat mirip dengan 8250;
4. 16450 Digunakan pada komputer AT dengan kecepatan
38,4 Kbps, masih banyak digunakan hingga sekarang;
5. 16550 Generasi pertama UART yang memiliki
penyangga, dengan panjang 16-byte, namun tidak bekerja (produk gagal) sehingga
digantikan dengan
6. 16550A;
- 16550A UART yang banyak digunakan pada komunikasi
kecepatan tinggi, misalnya 14,4 Kbps atau 28,8 Kbps;
- 16650 UART baru, memiliki penyangga FIFO 32-byte,
karakter Xon/Xoff terprogram dan mendukung manajemen sumber daya;
7. 16750 Diproduksi oleh Texas Instrument,
memiliki FIFO 64-byte!
3. USART
(Universal Synchronous-Asynchronous Receiver/Transmitter)
merupakan
komunikasi yang memiliki fleksibilitas tinggi, digunakan untuk melakukan
transfer data baik antar mikrokontroler maupun dengan modul-modul eksternal
termasuk PC yang memiliki fitur UART.
memungkinkan transmisi data baik secara syncrhronous maupun asyncrhronous, sehingga dengan memiliki USART pasti kompatibel dengan UART.
memungkinkan transmisi data baik secara syncrhronous maupun asyncrhronous, sehingga dengan memiliki USART pasti kompatibel dengan UART.
Komunikasi serial data antara master dan slave pada SPI
diatur melalui 4 buah pin yang terdiri dari SCLK, MOSI, MISO, dan SS sbb:
· SCLK dari master ke slave yang berfungsi sebagai
clock
· MOSI jalur data dari master dan masuk ke dalam
slave
· MISO jalur data keluar dari slave dan masuk ke
dalam master
· SS (slave select) merupakan pin yang berfungsi
untuk mengaktifkan slave.
4. Serial
Peripheral Interface (SPI)
Serial
Peripheral Interface (SPI) adalah protokol data serial sinkron digunakan oleh
mikrokontroler untuk berkomunikasi dengan satu atau lebih perangkat periferal
cepat jarak pendek. Hal ini juga dapat digunakan untuk komunikasi antara dua
mikrokontroler. Dengan koneksi SPI selalu ada perangkat satu master (biasanya
mikrokontroler) yang mengontrol perangkat periferal.
Komunikasi SPI
membutuhkan 3 jalur yaitu MOSI, MISO, dan SCK. Melalui komunikasi ini data
dapat saling dikirimkan baik antara mikrokontroller maupun antara
mikrokontroller dengan peripheral lain di luar mikrokontroller.
Penjelasan 3 jalur utama dari SPI adalah sebagai berikut
:
v MOSI : Master Output Slave Input
Artinya jika dikonfigurasi sebagai master maka pin MOSI sebagai output tetapi
jika dikonfigurasi sebagai slave maka pin MOSI sebagai input.
v MISO : Master Input Slave Output
Artinya jika dikonfigurasi sebagai master maka pin MISO sebagai input tetapi
jika dikonfigurasi sebagai slave maka pin MISO sebagai output.
v CLK : Clock Jika
dikonfigurasi sebagai master maka pin CLK berlaku sebagai output tetapi
jika dikonfigurasi sebagai slave maka pin
CLK berlaku sebagai input.
Untuk
mengatur mode kerja komunikasi SPI ini dilakukan dengan menggunakan register
SPCR (SPI Control Register), SPSR (SPI Status Register) dan SPDR (SPI Data
Register).
A. SPI Control Register (SPCR)
Mode SPCR yang digunakan adalah sebagai berikut :
a. Bit-6 SPE (SPI Enable)
SPE digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan
komunikasi SPI dimana jika SPI bernilai 1 maka komunikasi SPI aktif sedangkan
jika bernilai 0 maka komunikasi SPI tidak aktif.
b. Bit-4 MSTR (Master or Slave Select)
MSTR digunakan untuk style="letter-spacing:
.55pt;"> mengkonfigurasi sebagai master atau slave secara software
dimana jika MSTR bernilai 1 maka terkonfigurasi sebagai maste sedangkan MSTR
bernilai 0 maka terkonfigurasi sebagai slave.
c. Bit-1 SPR1/0 (SPI Clock Rate Select)
SPR1 dan SPR0 digunakan untuk menentukan kecepatan clock
yang digunakan dalam komunikasi SPI.
B. SPI Status Register (SPSR)
Dalam SPSR mode pengaturan yang dilakukan adalah sebagai
berikut :
a. SPIF (SPI Interrupt Flag)
SPIF merupakan bendera yang digunakan untuk mengetahui
bahwa proses pengiriman data 1 byte sudah selesai. Jika proses pengirimandata
sudah selesai maka SPIF akan bernilai satu (high).
C. SPI Data Register (SPDR)
a. SPDR merupakan register yang digunakan untuk
menyimpan data yangakan dikirim atau diterima pada komunikasi SPI.
5. Serial
Communication Interface (SCI)
adalah
perangkat yang memungkinkan seri (satu bit pada satu waktu) pertukaran data
antara mikroprosesor dan peripheral. SCI adalah komunikasi dimana
pengiriman data dilakukan per bit, sehingga lebih lambat dibandingkan
komunikasi parallel seperti pada port printer yang mampu mengirim 8 bit
sekaligus dalam sekali detak.
SCI memungkinkan komunikasi serial dengan mikroprosesor lain atau dengan jaringan eksternal. SCI berisi konverter paralel-to-serial yang berfungsi sebagai pemancar data, dan konverter serial-to-paralel yang berfungsi sebagai penerima data. SCI beroperasi dalam nonreturn-to-nol ( NRZ ) format, dan dapat berfungsi dalam half-duplexmodus (hanya menggunakan receiver atau hanya pemancar) atau full duplex (menggunakan receiver dan transmitter secara bersamaan). Keuntungan yang paling signifikan adalah kabel sederhana. Selain itu, kabel interface serial bisa lebih panjang daripada kabel antarmuka paralel, karena ada interaksi jauh lebih sedikit (crosstalk) di antara konduktor dalam kabel.
SCI memungkinkan komunikasi serial dengan mikroprosesor lain atau dengan jaringan eksternal. SCI berisi konverter paralel-to-serial yang berfungsi sebagai pemancar data, dan konverter serial-to-paralel yang berfungsi sebagai penerima data. SCI beroperasi dalam nonreturn-to-nol ( NRZ ) format, dan dapat berfungsi dalam half-duplexmodus (hanya menggunakan receiver atau hanya pemancar) atau full duplex (menggunakan receiver dan transmitter secara bersamaan). Keuntungan yang paling signifikan adalah kabel sederhana. Selain itu, kabel interface serial bisa lebih panjang daripada kabel antarmuka paralel, karena ada interaksi jauh lebih sedikit (crosstalk) di antara konduktor dalam kabel.
Ada 2 macam cara komunikasi data serial yaitu Sinkron dan
Asinkron.
1. Komunikasi data serial
sinkron, clock dikirimkan bersama sama dengan data serial, tetapi clock
tersebut dibangkitkan sendiri – sendiri baik pada sisi pengirim maupun
penerima.
2.Komunikasi serial asinkron tidak
diperlukan clock karena data dikirimkan dengan kecepatan tertentu yang
sama baik pada pengirim / penerima. Devais pada komunikasi serial
ada 2 kelompok yaitu:
a. Data Communication Equipment (DCE). Contoh
dari DCE ialah modem, plotter, scanner dan lain lain
b. Data Terminal Equipment (DTE). Contoh dari DTE
ialah terminal di komputer.
Keuntungan penggunaan port serial.
Masalah cable loss
tidak akan menjadi masalah besar daripada menggunakan kabel parallel. Hanya
menggunakan 3 kabel yaitu saluran Transmit Data, saluran Receive Data, dan
saluran Ground (Konfigurasi Null Modem). Kebanyakan mikrokontroller sudah
dilengkapi dengan SCI (Serial Communication Interface) yang dapat digunakan
untuk komunikasi dengan port serial komputer.
6. Analog to
Digital Converter (ADC)
Analog To Digital
Converter (ADC adalah perangkat yang digunakan
untuk mengkonversi sinyal masukan dalam bentuk analog
(tegangan, arus, muatan electrik) menjadi sinyal keluaran dalam bentuk digital.
Fungsi dari ADC adalah untuk mengubah data analog menjadi data digital yang
nantinya akan masuk ke suatu komponen digital yaitu mikrokontroller AT89S51.
ADC (Analog to
Digital Converter) memiliki 2 karakter prinsip, yaitu kecepatan sampling dan
resolusi. Kecepatan sampling suatu ADC menyatakan seberapa sering sinyal analog
dikonversikan ke bentuk sinyal digital pada selang waktu tertentu. Kecepatan
sampling biasanya dinyatakan dalam sample per second (SPS). Pengaruh Kecepatan
Sampling ADC Resolusi ADC menentukan ketelitian nilai hasil konversi ADC.
Ø Parameter-Parameter
Penting Pada ADC
a. Resolusi konversi ADC adalah saat dapat mengkonversikan data analog
kedalam bit-bit digital tersebut.
b. Time Konversi adalah waktu yang dibutuhkan oleh ADC untuk
mengkonversi data analaog ke digital, untuk menentukan time konversi ini
tentunya kita harus melihat di datasheet nya, dan harus dilihat untuk kebutuhan
seperti apa.
7. DAC( Digital to
Analog Converter)
adalah perangkat
untuk mengkonversi sinyal masukan dalam bentuk digital menjadi sinyal keluaran
dalam bentuk analog (tegangan, arus, muatan electrik). Tegangan keluaran yang
dihasilkan DAC sebanding dengan nilai digital yang masuk ke dalam DAC. Sebuah
DAC menerima informasi digital dan mentransformasikannya ke dalam bentuk suatu
tegangan analog. Informasi digital adalah dalam bentuk angka biner dengan
jumlah digit yang pasti.
0 Komentar untuk "MAKALAH PERIPHERAL JARINGAN KOMPUTER TERAPAN "