Laporan Hasil Bakti Sosial SMA

SEPUCUK RINDU UNTUK DESA HARGOMULYO
(Oleh: RizqinaKholifatu Z)

Pada Januari awal 2018, SMA Negeri 2 Ngawi telah merencanakan untuk mengadakan kegiatan baksos  (BaktiSosial) satu bulan sebelum pelaksanaanya, direncanakan kegiatan Baksos ini akan dilaksanakan pada tanggal 18-21 Januari 2018. Kegiatan Baksos ini merupakan kegiatan rutin SMA Negeri 2 Ngawi setiap tahunnya. Tahun ini adalah tahun ke-14 di adakannya kegiatan Baksos ini. Kegiatan Baksos ini diikuti oleh peserta dari kelas X dan panitia dari kelas XI. Tahun ini kegiatan Baksos akan dilaksanakan di Desa Hargomulyo, Ngrambe.
Tujuan dari kegiatan Bakti Sosial (Baksos) SMA Negeri 2 Ngawi ini adalah melatih karakter siswa dan melatih jiwa sosial masyarakat pada siswa. Masih dihari yang sama, OSIS SMA Negeri 2 Ngawi ini adalah kelompok untuk Baksos 2018. Siswa kelas X sangat antusias melihat kelompoknya termasuk saya yang sangat ingin mengetahui dengan siapa saja saya berkelompok. Setelah saya melihat daftar kelompok di papan pengumuman, ternyata saya mendapat kelompok 22. Dikelompok 22 tersebut saya berelompok dengan Martha kelas X-10, Desta kelas X-11, Diah kelas X-2 dan Levika kelas X-4. Yang didampingi oleh Kak Lala kelas XI-5 dan Kak Dela kelas XI-5. Setelah kami melihat kelompoknya, kami disuruh berkumpul dimasjid oleh panitia, lalu saya langsung bergabung dengan kelompok lain dengan pendampingnya masing-masing, saya dan teman kelompok saya sangat iri dengan kelompok lain karena kelompok lain bisa kompak. Kemudian kami disuruh oleh panitia untuk mempersiapkan barang bawaan untuk Baksos.
·         PADA HARI KAMIS TANGGAL 18 JANUARI 2018 (HARI PERTAMA)
Pada pukul 05.30 kami berkumpul disekolahan untuk melakukan chek in sekaligus breafing dari kepala sekolah SMA Negeri 2 Ngawi dan guru-guru SMA Negeri 2 Ngawi sebelum berangkat ke Desa Hargomulyo. Waktu pukul 06.00 kami disuruh chek in dilapangan basket dengan bersama kelas masing-masing lalu sesudah chek in saya menuju ke lapangan upacara dengan kelompok masing-masing untuk berdoa bersama biar tidak ada halangan apapun saat Baksos 2018 ini. Kemudian pada pukul 07.00 WIB kami berangkat dari SMA Negeri 2 Ngawi menggunakan mobil kelompoknya masing-masing, dan saat itu saya sangat senang karena kelompok saya


berada didepan belakang mobil polisi, seperti mengawal mobil saya sendiri jadinya :v HE..HE..HE..
Sekitar 3 jam diperjalanan akhirnya saya dan sekelompok sampai juga di Desa Hargomulyo. Saya pun berpamitan kepada kedua orangtua saya, dan habis itu saya mencari mobil satunya yang membawa barang pribadi dan kelompok. Setelah dipikir-pikir ternyata barang kelompok saya ada yang tertinggal di lapangan SMA Negeri 2 Ngawi, tetapi utung teman pendamping saya berbaik hati untuk mengantarkan barang tersebut ke induk semang saya. Lalu saya dan kelompok saya berjalan dan melihat peta untuk menuju kerumah induk semang masing-masing. Untung saja rumah kelompok saya lumanyan dekat dengan Panggung Utama, berbeda jauh dengan kelompok laki-laki yang sangat jauh katanya sih dekat dengan Air Terjun Suwono yang berada diatas pucuk bukit. (katanya sih begitu :v).
Setelah sampai di Rumah IndukSemang saya pun awalnya memperkenalkan diri dengan pemilik rumah Induk Semang kami bernama Bapak SUKAMTO dan Ibu WARSINI yang mempunyai anak 1 yang bernama RIAN HIDAYAT. Pak Sukamto kesehariannya bekerja sebagai petani, beliau mempunyai kebun bibit cbai dan sawah yang sangat luas. Serta beliau mempunyai ternnak kambing dan ayam, sedangkan bu Warsini tidak bekerja, tetapi ia sesekali membantu suaminya di kebun, setelah kami bercengkerama sebentar dengan Induk Semang kami, lalu kami beristirahat sejenak karena setelah itu saya dan kelompok menuju kepanggung utama untuk acara pembukaan baksos walaupun tadinya juga sudah dibuka di sekolahan setelah acara pembukaan Baksos selesai lalu saya dan kelompok kembali ke rumah Induk Semang kami masing-masing. Setelah kami sampai di rumah Induk Semang kami langsung ganti baju dan langsung membersihkan rumah Induk Semang kami.
Sehabisnya kami membersihkan rumah Induk Semang kami bergantian untuk mandi karena setelah itu akan ada acara TPA dan acara keagamaan di masjid dekat rumah penduduk, kami di masjid mengaji bersama yang di dampingi oleh anggota TAMA kelas XI SMA Negeri 2 Ngawi, sekaligus sholat maghrib berjamaah. Setelah itu kami mengajak Induk Semang menuju Panggung Utama untuk mengikuti acara pengajian Akbar dari santunan anak-yatim acara tersebut sampai pukul 22.00 WIB. Setelah itu kami pulang kerumah Induk Semang masing-masing untuk tidur.



·         PADA HARI JUMAT TANGGAL 19 JANUARI 2018
Pada pukul 03.00 WIB saya bangun dan membagi tugas, ada yang mandi, memasak, sholat, dan menata bantal dan selimut masing-masing. Setelah selesai kami sarapan bersama, tapi ada juga yang tidak sarapan termasuk saya sendiri HE…HE…HE… pada pukul 05.30 kami pun berangkat menuju panggung utama untuk menyiapkan pasar murah yang dianggotakan perkelas masing-masing.
Pada pukul06.15 bagi anggota TONTI dan RAKA ada acara sendiri di SDN Hargomulyo 2 untuk melaksanakan lomba, katanya sih banyak berbagai lomba disana. Saya pun dan teman-teman kelas sangat bersemangat untuk menjual baju-baju bekas yang masih layak dipakai dan buku-buku untuk warga Desa Hargomulyo dan salah satu dari kami tidak lupa untuk membelikan untuk Induk Semang yang kita jual.
Setelah acara pasar murah selesai kami membersihkan tempat-tempat yang habis kami jualan tadi, dan kami segera pulang kerumah Induk Semang. Setelah sampai dirumah Induk Semang kami beristirahat sebentar dan lalu saya melaksanakan sholat dzuhur. Setelah sesuai itu saya pun melanjutkan kegiatan penanaman 1000 pohon, yang diikuti seluruh kelas X1-X4 dan kelas yang tidak mengikuti penanaman pohon untuk ditanamankan dihalaman rumah Induk Semang masing-masing.
Setelah itu kegiatan selanjutnya adalah “JIKA AKU MENJADI” saya dan kelompok saya waktu itu tidak bisa melaksanakan kegiatan tersebut dikarenakan cuaca yang kurang mendukung, sebenarnya saya dan kelompok saya ingin melaksanakan/melakukan kegiatan tersebut. Tapi tidak apa-apa hari selanjutnya masih bisa mengikutinya tetapi saya dan kelompok saya membantu membersihkan rumah Induk Semang dan memberikan makanan ternak kambing dan juga ayam.
Pada pukul 16.00 WIB kita bergegas untuk melaksanakannya kegiatan TPA seperti biasa. Setelah TPA kami pulang dan makan malam bersama keluarga Induk Semang setelah itu saya dan teman-teman segera menuju kepanggung utama untuk menyaksikan “PERSEMBAHAN SMADA”. Kegiatan ini cukup lumayan seru, acara selesai pukul 22.00 dan kami pulang kerumah Induk Semang masing-masing dan kami pun segera tidur.


·         PADA HARI SABTU TANGGAL 20 JANUARI 2018
Kegiatan hari sabtu sama dengan hari jumat tetapi pada malam harinya ada penampilan “FASHION SHOW SARUNG dan PAGELARAN WAYANG”
·         PADA HARI MINGGU TAANGGAL 21 JANUARI 2018
Pada pukul 03.00 semua teman-teman langsung menata selimut dan lalu bergegas mandi dan juga ada yang memasak untuk sarapan dengan Induk Semang kita. Setelah semua sudah selesai kamipun langsung menuju ke panggung utama karena upacara penutupan segera dimulai.
Meskipun saat acara cuacanya yang masih dingin dan gerimis masih tetap untuk lanjut acaranya. Setelah acara upacara penutupan selesai kami pun segera bergegas kerumah Induk Semang masing-masing untuk mengambil benang bawaannya yang masih tertinggal dan saya dan teman-teman berpamitan kepada Induk Semang kami.
Ya sedih juga harus meninggalkan beliau, yang selama beberapa hari sudah seperti ibu sendiri. Tetapi mau tidak mau kita harus segera pulang, setelah itu saya dan teman-teman bergegas menuju mobil masing-masing untuk menaruh barang bawaan dan kita akhirnya pulang kerumah masing-masing.

BIODATA 

Related : Laporan Hasil Bakti Sosial SMA

0 Komentar untuk "Laporan Hasil Bakti Sosial SMA"