RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Bahasa Indonesia SMP Kelas IX/2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah                        : SMP Negeri 6 Ngawi
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester        : IX/2
Standar Kompetensi : 12. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya
                                             Ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca.
Kompetensi Dasar     : 12.1 Menulis karya tulis sederhana dengan menggunakan berbagai
                                               Sumber
Alokasi waktu                        : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan )


1.      Tujuan Pembelajaran
-          Pertemuan Pertama :
o   Peserta didik mengamati dan mencermati karya tulis
o   Peserta didik berdiskusi untuk menentukan sistematika karya tulis,
o   Peserta didik dapat menentukan sebuah topik untuk karya tulis
-          Pertemuan Kedua :
o   Peserta didik dapat menyunting karya tulis

v  Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

2.      Materi Pembelajaran
Contoh : Kerangka karya tulis
                Penulisan karya tulis


3.      Metode Pembelajaran
a.      Ceramah
b.      Diskusi
c.       Penugasan

4.      Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan Pertama
a.      Kegiatan Awal
Apersepsi :
1.      Peserta didik mencermati karya tulis
Memotivasi :
2.      Peserta didik menentukan sistematika karya tulis


b.      Kegiatan Inti
§  Ekplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
Ø  Peserta didik memilih sebuah topic untuk karya tulis
Ø  Peserta didik menyusun kerangka karya tulis
Ø  Peserta didik menemukan sumber-sumber untuk bahan penulisan karya tulis
Ø  Peserta didik menyusun karya tulis dengan sistematika yang baik
Ø  Peserta didik menyusun daftar pustaka dengan benar




§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
Ø  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Ø  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk  memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
ü  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
ü  Membantu menyelesaikan masalah;
ü  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
ü  Memberi informasi untuk bereksplorasilebih jauh;
ü  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

a.      Kegiatan Akhir
     Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
Ø  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik

Pertemuan Kedua
a.      Kegiatan Awal
Apersepsi :
1.      Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang penulisan karya tulis
Memotivasi :
o   Menemukan sumber-sumber untuk bahan penulisan karya tulis,

b.      Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :



Ø  Peserta didik dapat menyunting karya tulis
Ø  Peserta didik dan guru memilih tiga penulisan karya tulis terbaik

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
Ø  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Ø  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk  memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
ü  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
ü  Membantu menyelesaikan masalah;
ü  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
ü  Memberi informasi untuk bereksplorasilebih jauh;
ü  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif


a.      Kegiatan Akhir
     Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
Ø  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik

1.      Sumber Belajar
a.      Buku-buku untuk panduan penulisan karya tulis
b.      Lingkungan alam sekitar
c.       Buku teks



1.      Penilain
·         Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Penilaian
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
·                     Mampu menentukan  sistematika karya tulis
·                     Mampu menuliskan catatan pustaka dan daftar pustaka sebagai rujukan.
·                     Mampu menulis karya tulis sederhana dengan menggunakan berbagai sumber.
·                     Mampu menyunting karya tulis.
Penugasan individual/ kelompok
Proyek
Susunlah suatu karya tulis dengan topik “pendidikan di suatu sekolah” Buatlah catatan pustaka dan daftar pustaka yang merujuk pada sumber-sumber referensi  yang kamu gunakan! Waktu: 2 minggu    


1.Susunlah suatu karya tulis  dengan topik pendidikan disuatu sekolah, Buatlah catatan pustaka dan daftar pustaka yang merujuk pada sumber-sumber referensi yang kamu gunakan ! Waktu : 1 minggu !

Pedoman Penskoran
Kegiatan
Skor

Sistematika                                    3
Kurang sistematika                       2
Tidak sistematika                          0

Cukup                                              2
Kurang                                             1
Tidak ada                                        0

           





            Mengetahui,                                                                               Ngawi, 13 Januari 2018

Kepala SMP Negeri 6 Ngawi                                                                   Guru Mata Pelajaran,



        Dra. SRI RAHAYU                                                                                             SUYANTO, S.Pd.
NIP. 19630321 198903 2 006                                                              NIP. 19600228 198303 1 015


Related : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Bahasa Indonesia SMP Kelas IX/2

0 Komentar untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Bahasa Indonesia SMP Kelas IX/2"