RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah                        : SMP Negeri 6 Ngawi
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester        : IX/2
Standar Kompetensi : 12. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam bentuk karya 
                                             Ilmiah sederhana, teks pidato, surat
pembaca.
Kompetensi Dasar     : 12.1 Menulis karya tulis sederhana dengan
menggunakan berbagai 
                                               Sumber
Alokasi waktu                        : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan )
1.     
Tujuan Pembelajaran 
-         
Pertemuan Pertama :
o  
Peserta didik mengamati dan mencermati karya tulis
o  
Peserta didik berdiskusi untuk menentukan sistematika karya tulis,
o  
Peserta didik dapat menentukan sebuah topik untuk karya tulis
-         
Pertemuan Kedua :
o  
Peserta didik dapat menyunting karya tulis
v  Karakter siswa yang diharapkan
:    Dapat
dipercaya ( Trustworthines )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
2.     
Materi Pembelajaran
Contoh
: Kerangka karya tulis
               
Penulisan karya tulis
3.     
Metode Pembelajaran
a.     
Ceramah
b.     
Diskusi
c.      
Penugasan
4.     
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan
Pertama
a.     
Kegiatan Awal
Apersepsi :
1.     
Peserta didik mencermati karya tulis
Memotivasi :
2.     
Peserta didik menentukan sistematika karya tulis
b.     
Kegiatan Inti
§  Ekplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru :
Ø  Peserta didik memilih sebuah
topic untuk karya tulis
Ø  Peserta didik menyusun kerangka
karya tulis
Ø  Peserta didik menemukan
sumber-sumber untuk bahan penulisan karya tulis
Ø  Peserta didik menyusun karya
tulis dengan sistematika yang baik
Ø  Peserta didik menyusun daftar
pustaka dengan benar
§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru :
Ø  Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
Ø  Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Ø  Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
Ø  Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta
didik.
§  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
Ø  Memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
Ø  Memfasilitasi peserta didik
untuk  memperoleh pengalaman yang
bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
ü  Berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
ü  Membantu menyelesaikan masalah;
ü  Memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
ü  Memberi informasi untuk
bereksplorasilebih jauh;
ü  Memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
a.     
Kegiatan Akhir
     Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
Ø  Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø  Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
Ø  Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik
Pertemuan Kedua
a.     
Kegiatan Awal
Apersepsi
:
1.     
Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang penulisan karya tulis
Memotivasi :
o  
Menemukan sumber-sumber untuk bahan penulisan karya tulis,
b.     
Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru :
Ø  Peserta didik dapat menyunting
karya tulis
Ø  Peserta didik dan guru memilih
tiga penulisan karya tulis terbaik
§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru :
Ø  Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
Ø  Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Ø  Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
Ø  Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta
didik.
§  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
Ø  Memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
Ø  Memfasilitasi peserta didik
untuk  memperoleh pengalaman yang
bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
ü  Berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
ü  Membantu menyelesaikan masalah;
ü  Memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
ü  Memberi informasi untuk
bereksplorasilebih jauh;
ü  Memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
a.     
Kegiatan Akhir
     Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
Ø  Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
Ø  Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
Ø  Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik
1.     
Sumber Belajar
a.     
Buku-buku untuk panduan penulisan karya tulis
b.     
Lingkungan alam sekitar
c.      
Buku teks
1.     
Penilain
·        
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
| 
Indikator Pencapaian 
Kompetensi | 
Penilaian | ||
| 
Teknik 
Penilaian | 
Bentuk 
Penilaian | 
Instrumen | |
| 
·                    
  Mampu menentukan  sistematika
  karya tulis  
·                    
  Mampu menuliskan catatan pustaka dan daftar pustaka sebagai rujukan. 
·                    
  Mampu menulis karya tulis sederhana dengan menggunakan berbagai
  sumber. 
·                    
  Mampu menyunting karya tulis. | 
Penugasan
  individual/ kelompok | 
Proyek | 
Susunlah
  suatu karya tulis dengan topik “pendidikan di suatu sekolah” Buatlah catatan
  pustaka dan daftar pustaka yang merujuk pada sumber-sumber referensi  yang kamu gunakan! Waktu: 2 minggu      | 
1.Susunlah suatu karya tulis
 dengan topik pendidikan disuatu sekolah,
Buatlah catatan pustaka dan daftar pustaka yang merujuk pada sumber-sumber
referensi yang kamu gunakan ! Waktu : 1 minggu !
Pedoman Penskoran
| 
Kegiatan | 
Skor | 
|  | 
Sistematika                                    3 | 
| 
Kurang
  sistematika                       2 | |
| 
Tidak
  sistematika                          0 | |
|  | 
Cukup                                             
  2 | 
| 
Kurang                                            
  1 | |
| 
Tidak
  ada                                       
  0 | 
            Mengetahui,                                                                               Ngawi, 13 Januari 2018
Kepala SMP Negeri 6
Ngawi                                                                   Guru Mata Pelajaran,
        Dra. SRI RAHAYU                                                                                             SUYANTO, S.Pd.
NIP. 19630321 198903
2 006                                                              NIP.
19600228 198303 1 015
 

0 Komentar untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Bahasa Indonesia SMP Kelas IX/2"