PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP PAI KELAS VIII


PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018

MATA PELAJARAN             : P A I
KELAS                                   : VIII
WAKTU                                 : 90 Menit


JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR !
1.      Dalam ilmu tajwid mad berarti memanjangkan bacaan. Karena adanya huruf – huruf mad. Sebutkan 3 macam huruf – huruf mad !
2.      Secara garis besar mad terbagi menjadi 2 yaitu mad thobi’i dan mad far’i. adapaun yang termasuk mad far’i adalah mad yang jaiz munfasil dan mad wajib mutasil. Jelaskan pengertian kedua mad tersebut !
3.      Rasul sebagai utusan Allah Swt, yang bertugas menyampaikan wahyu kepada umatnya oleh karena itu mesti memiliki sifat wajib yang yang harus ada pada diri Rasul. Sebutkan 4 sifat wajib Rasul beserta artinya !
4.      Diantara 25 Rasul itu yang ada diberiu keistimewaan yang luar biasa kesabaranya, ketabahanya dalam menyampaikan dakwahnya. Sebutkan 5 Rasul yang diberi keistimewaan tersebut !
5.      Dalam ilmu tajwid waqaf artinya berhenti, ketika membaca al – Qur’an. Sebutkan tiga tanda waqaf beserta penjelasannya !
6.      Manusia sebagai mahkluk yang paling baik diantara mahkluknya lainnya. Oleh karenanya dalam makan dan minum diatur yang disebut adab. Sebutkan 5 adab makan dan minum yang diajarkan Rasulullah Saw !
7.      Sebgai muslim dalam hal makan dan minum harus memperhatikan halal dan haramnya. Jelaskan apa yang dimaksud makanan dan minuman yang halal !
8.      Salah satu ahklak yang tercela adalah munafik. Jelaskan pengertian Munafik dari segi akidah !
9.      Sebagai seorang muslim harus menghindari sifat Munafik. Sebutkan tiga  tanda – tanda orang munafik seperti yang disebutkan dalam hadist Rasululloh Saw .
10.  Tulis do’a makan beserta artinya (boleh Arab / Latin) !

Related : PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP PAI KELAS VIII

0 Komentar untuk "PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP PAI KELAS VIII"