INSTRUMEN PENELITIAN ( ANGKET )
Hal : Bantuan Pengisian Angket Ngawi,
21 Maret 2017
Yth. Bapak/Ibu Guru SDN Karangasri
01
Di Kabupaten Ngawi
Dengan
hormat,
Saya sampaikan
selamat bertugas dan mohon maaf, semoga kesuksesan selalu menyertai Bapak/Ibu.
Ditengah kesibukan Bapak/Ibu melaksanakan tugas, saya memohon kesediaan dan
bantuan untuk mengisi angket terlampir dalam rangka penulisan skripsi dengan
judul “PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP INTEGRITAS GURU DI
SDN KARANGASRI 01 KABUPATEN NGAWI”, yang merupakan salah satu tugas akhir
mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Institut Agama
Islam Ngawi guna menyelesaikan studi S1.
Angket penelitian
ini tidak ada hubungan dengan jabatan, penelitian pekerjaan atau kepegawaian
Bapak/Ibu. Oleh sebab itu, Bapak/Ibu diharapkan dapat mengisi angket penelitian
ini berdasarkan keadaan sebenarnya. Apabila pengisian angket telah selesai,
mohon kelengkapan jawaban diperiksa kembali. Atas bantuan dan kerja sama
Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih. Semoga amal kebaikan Bapak/Ibu senantiasa
mendapat balasan dari Allah SWT. Amin
Hormat saya,
Bayu
Prasetyo. W
NIM.
2013.130.0546
PETUNJUK PENGISIAN ANGKET
1.
Berilah tanda check
(√) pada salah satu kolom yang tersedia
2.
Tersedia 4
kolom pilihan dengan keterangan sebagai berikut :
SL = Selalu, (kegiatan
tersebut selalu dilakukan)
SR = Sering, (kegiatan
tersebut sering dilakukan)
KD = Kadang – kadang,
(kegiatan tersebut kadang – kadang dilakukan walaupun belum sering)
TP = Tidak Pernah, (kegiatan
tersebut tidak pernah dilakukan sama sekali)
A.
Kepemimpinan
Kepala Sekolah
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
|
1.
|
Kepala
sekolah mengingatkan guru untuk megingat Tuhan
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kepala
sekolah menunjukkan keyakinan pada diri sendiri
|
|
|
|
|
|
3.
|
Kepala
sekolah percaya kepada guru
|
|
|
|
|
|
4.
|
Kepala
sekolah mempercayakan tugas/kegiatan yang dikerjakan oleh guru
|
|
|
|
|
|
5.
|
Kepala
sekolah membantu memecahkan permasalahan yang dialami guru
|
|
|
|
|
|
6.
|
Kepala
sekolah memahami nilai – nilai guru dalam memimpin
|
|
|
|
|
|
7.
|
Kepala
sekolah mencocokkan dan memimpin tujuannya dengan nilai – nilai guru
|
|
|
|
|
|
8.
|
Kepala
sekolah membantu para guru untuk menetapkan tujuan yang dicapai
|
|
|
|
|
|
9.
|
Kepala
sekolah menjelaskan kepada guru mengenai apa yang diharapkan dari pekerjaan
mereka
|
|
|
|
|
|
10.
|
Kepala
sekolah mengarahkan para guru untuk bekerja sama
|
|
|
|
|
|
11.
|
Kepala
sekolah bekerja sesuai dengan perencanaan
|
|
|
|
|
|
12.
|
Kepala
sekolah mengawasi pekerjaan guru sehingga guru dapat bekerja secara maksimal
|
|
|
|
|
|
13.
|
Kepala sekolah
menjalankan tujuan sekolah dengan para guru sehingga guru dapat memahami
|
|
|
|
|
|
14.
|
Kepala
sekolah memotivasi guru atas tugas yang dirasa berat oleh guru
|
|
|
|
|
|
15.
|
Kepala
sekolah berbicara ramah kepada guru
|
|
|
|
|
|
16.
|
Kepala
sekolah memberikan hadiah kepada guru yang berprestasi
|
|
|
|
|
|
17.
|
Kepala
sekolah membuat aturan/prosedur untuk memudahkan guru dalam melaksanakan
tugas
|
|
|
|
|
|
18.
|
Kepala sekolah meberikan pengarahan untuk bekerja lebih baik
|
|
|
|
|
|
19.
|
Kepala
sekolah melibatkan guru dalam permasalah – permasalahan sekolah
|
|
|
|
|
|
20.
|
Kepala
sekolah memberikan tugas khusus kepada setiap guru
|
|
|
|
|
|
21.
|
Kepala
sekolah memberikan perhatian khusus dalam kesejahteraan guru
|
|
|
|
|
|
22.
|
Kepala
sekolah memberikan insetif kepada guru yang mengalami kesulitan
|
|
|
|
|
|
23.
|
Kepala
sekolah menghargai kemampuan yang dimiliki guru
|
|
|
|
|
|
24.
|
Kepala
sekolah mengembangkan kemampuan guru yang dimiliki
|
|
|
|
|
|
25.
|
Kepala
sekolah mendengarkan ide – ide yang disampaikan guru
|
|
|
|
|
|
26.
|
Kepala
sekolah melibatkan guru dalam mengambil setiap keputusan
|
|
|
|
|
|
27.
|
Kepala
sekolah mendengarkan kritik dan saran yang disampaikan guru
|
|
|
|
|
|
28.
|
Kepala
sekolah selalu memperbaiki kinerja yang belum sesuai
|
|
|
|
|
|
29.
|
Kepala
sekolah mengingatkan atau memanggil guru secara pribadi apabila guru
melakukan kesalahan
|
|
|
|
|
|
30.
|
Kepala
sekolah memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti pendidikan dan
pelatihan
|
|
|
|
|
PETUNJUK PENGISIAN ANGKET
1.
Berilah tanda check
(√) pada salah satu kolom yang tersedia
2.
Tersedia 4
kolom pilihan dengan keterangan sebagai berikut :
SL = Selalu, (kegiatan
tersebut selalu dilakukan)
SR = Sering, (kegiatan
tersebut sering dilakukan)
KD = Kadang – kadang,
(kegiatan tersebut kadang – kadang dilakukan walaupun belum sering)
TP = Tidak Pernah, (kegiatan
tersebut tidak pernah dilakukan sama sekali)
B.
Integritas Guru
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1.
|
Saya bersedia
memperbaiki tugas yang salah
|
|
|
|
|
2.
|
Saya
mengerjakan tugas dengan rapi
|
|
|
|
|
3.
|
Saya bertekad
untuk menyeselesaikan tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
4.
|
Saya
mempunyai semangat kreatif dalam bekerja untuk meningkatkan prestasi
|
|
|
|
|
5.
|
Saya berusaha
menyelesaikan permasalahan tugas sendiri
|
|
|
|
|
6.
|
Saya datang
tepat waktu ke kantor
|
|
|
|
|
7.
|
Saya
bertanggung jawab dalam setiap tugas yang diberikan pimpinan
|
|
|
|
|
8.
|
Saya mampu
bekerja sama dengan tim
|
|
|
|
|
9.
|
Saya
menghormati sesama teman sejawat
|
|
|
|
|
10.
|
Saya bisa
memilih pembelajaran yang sesuai untuk proses pembelajaran
|
|
|
|
|
11.
|
Saya
meningkatkan kompetensi sebagai pendidik dengan mengikuti pendidikan dan
pelatihan
|
|
|
|
|
12.
|
Saya
menyelesaikan tugas sesuai dengan terget
|
|
|
|
|
13.
|
Saya
berpenampilan menarik dan rapi saat berada di kantor
|
|
|
|
|
14.
|
Saya
menggunakan dan menjaga fasilitas kantor dengan baik
|
|
|
|
|
15.
|
Saya memakai
pakaian sesuai dengan ketentuan lembaga
|
|
|
|
|
16.
|
Saya
mengerjakan tugas kantor menggunakan fasilitas kantor seperlunya
|
|
|
|
|
17.
|
Saya menggunakan
sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan dalam penyelenggaraan
pembelajaran
|
|
|
|
|
18.
|
Saya bisa
menghargai waktu untuk mengerjakan tugas
|
|
|
|
|
19.
|
Saya memulai
dan mengakhiri pembelajaran sesuai dengan waktunya
|
|
|
|
|
20.
|
Saya pulang
sekolah sesuai dengan waktu yang tentukan
|
|
|
|
|
21.
|
Saya bekerja sesuai
dengan jam kerja
|
|
|
|
|
22.
|
Saya aktif
untuk mengumpulkan bahan – bahan sebelum pembelajaran dimulai
|
|
|
|
|
23.
|
Saya
menguasai setiap pelajaran walaupun bukan pelajaran yang saya gunakan dalam
pembelajaran
|
|
|
|
|
24.
|
Saya berusaha
mencapai pendidikan dan pengalaman setinggi – tingginya untuk mendapatkan
ilmu lebih banyak
|
|
|
|
|
25.
|
Saya aktif
untuk meminta kepala sekolah melakukan supervisi dalam pembelajaran sebelum
jatuh tempo supervisi
|
|
|
|
|
26.
|
Saya membuat
modul pembelajaran pada bidang yang dikuasai
|
|
|
|
|
27.
|
Saya
mengikuti pelatihan yang berguna untuk peningkatan pengalaman dalam prestasi
|
|
|
|
|
28.
|
Saya
mengikuti pendidikan dan pelatihan dalam rangka melaksanakan tugas kependidikan
|
|
|
|
|
29.
|
Saya
mendapatkan penghargaan atas suatu karya
|
|
|
|
|
30.
|
Saya tidak
pernah salah dalam tugas
|
|
|
|
|
0 Komentar untuk "INSTRUMEN PENELITIAN ( ANGKET )"